BPJS Ketenagakerjaan Buol Gencar Sosialisasikan Manfaat Program Kepesertaan

id BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Buol Gencar Sosialisasikan Manfaat Program Kepesertaan

Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS ketenagakerjaan Buol Firdaus (kanan) menyerahkan santunan yang diwakili oleh Kadis Lingkungan Hidup Buol, Gusti Aliu, Rabu (24/5). (www.antarasulteng.com/Istimewa)

Karena mereka sadar bahwa setiap pekerjaan pasti ada resikonya

BUOL – Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang perintis Buol gencar melakukan sosialisasi akan manfaat sebagai peserta.

“Sosialisasi terakhir kami laksanaka bersama Dinas Perhubungan Buol, Rabu (24/5) lalu, bersama pekerja honorer atau mereka yang bukan aparatur sipil negara (ASN) yang tersebar di seluruh Kabupaten Buol,” kata Kepala cabang perintis BPJS Tk, Firdaus di Buol, Jumat.

Menurut Firdaus, peserta sosialisasi terjauh berasal dari wilayah Kecamatan Paleleh, dengan perjalanan sekitar 4 jam ke ibu Kota Kabupaten Buol. Hal itu kata dia, menunjukkan antusiasme para tenaga honorer untuk memberikan perlindungan pasti terhadap dirinya, demi kesejahteraan keluarga dan masa depannya. 

“Karena mereka sadar bahwa setiap pekerjaan pasti ada resikonya,” ujarnya. 

Firdaus menjelaskan jaminan sosial belakangan ini, menjadi isu sosial yang viral di kalangan masyarakat. Hal ini akan terus berjalan berdampingan searah dengan kemajuan suatu daerah, yang mana masyarakatnya semakin sadar, bahwa ini adalah suatu kebutuhan dasar yang wajib mereka miliki. 

Salah satunya kata dia, yakni jaminan sosial untuk perlindungan kecelakaan kerja dan kematian yang diselenggarakan dan dimandatkan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Gaung dari jaminan sosial itu, terus-menurus disiarkan dan disosialisasikan, agar mandat dalam penyelenggaraan jaminan sosial ketengakaerjaan itu, dapat secepatnya melindungi seluruh penduduk usia produktif yang ada di Indonesia.

“Hingga Maret 2017, jumlah honorer yang terdaftar sebanyak 96 orang dalam program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian untuk BPJS Ketenagakerjaan,” tutup Firdaus.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buol, Mansyur AR. Hentu mengimbau kepada para honorer tercatat di instansi yang dipimpinnya, agar secepatnya melengkapi persyaratan-persyaratan untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kata dia, program tersebut telah didukung penuh oleh pemerintah daerah dengan  menganggarkan untuk perlindungan kecelakaan kerja dan kematian bagi seluruh tenaga honorer di kabupaten Buol untuk tahun anggaran 2017. 

“Semoga kemajuan daerah di Buol akan semakin cepat lagi, dengan adanya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh tenaga honorer khususnya dan masyarakat Buol pada umumnya,” harap Mansyur.                        

Di tempat terpisah Kepala cabang perintis BPJS Tk Buol Firdaus, Rabu (24/5) menyerahkan santunan kematian biasa, kepada salah seorang tenaga honorer di Dinas Lingkungan Hidup Buol sebesar Rp24 juta.   

Santunan itu diserahkan secara simbolis kepada kadis Lingkungan Hidup Buol, Gusti Aliu dirangkaikan dengan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. (FZI)