Jasaraharja-gandeng Pemilik Kapal Danau Lindu

id jasa

Jasaraharja-gandeng Pemilik Kapal Danau Lindu

Jasa Raharja (antaranews)

Pemilik kapal motor yang ada di Danau Lindu sudah mengutip iuran Jasa Raharja sehingga penumpang dijamin berhak mendapatkan santunan jika terjadi kecelakaan di danau
Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tengah mengandeng sejumlah pemilik kapal motor penyeberangan yang selama ini beroperasi di Danau Lindu, Kabupaten Sigi.

"Pemilik kapal motor yang ada di Danau Lindu sudah mengutip iuran Jasa Raharja sehingga penumpang dijamin berhak mendapatkan santunan jika terjadi kecelakaan di danau," kata Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sulteng, Amiruddin Zein, Sabtu.

Ia mengakatan kerja sama tersebut sudah berjalan beberapa tahun terakhir ini.

Danau Lindu merupakan salah satu menjadi daerah tujuan wisata (DTW) yang mulai ramai dikunjungi wisatawan, termasuk dari mancanegara.

Lagi pula, kata dia, transportasi utama masyarakat yang ada di kecamatan Lindu dari Kota Palu menuju kecamatan itu adalah transportasi darat menggunakan sepeda motor.

Kemudian untuk menuju beberapa desa di kecamatan itu, dari Desa Tomado, ibu kota kecamatan menuju desa Kanawu dan Desa Olu hanya bisa menggunakan kapal motor penyeberangan atau sebagian lagi menggunakan sampan (perahu).

Menurut dia, resiko kecelakaan sangat besar, sehingga untuk memberikan perlindungan asuransi kepada masyarakat (penumpang), maka kerja sama dengan para pemilik kapal motor penyebarangan sangat dibutuhkan.

"Dan syukur, para pemilik kapal motor di Danau Lindu meresponnya dengan baik dan masyarakat sangat mendukungnya," kata dia.

Masyarakat yang ada di semua desa di Kecamatan Lindu sangat setuju dengan kerja sama dimaksud. Masyarakat tidak keberatan untuk membayar iuran Jasa Raharja yang dikutip oleh pemilik kapal motor penyeberangan.

Kerja sama perlindungan jaminan sosial yang sama juga dilakukan di beberapa pelabuhan, termasuk di wilayah-wilayah terpencil yang selama ini transportasi utama hanya menggunakan perahu motor.

Di Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut ada beberapa pemilik perahu motor yang telah bekerja sama dengan PT Jasa Raharja untuk memberikan jaminan santunan kepada para penumpang.

Pihak Jasa Raharja terus berupaya untuk bisa melindungi masyarakat dengan gencar melaksanakan sosialisasi kepada para pemilik kapal motor dan perahu motor sampai di wilayah-wilayah terpencil di Provinsi Sulteng.

Namun, Amiruddin mengaku masih banyak yang belum terjangkau atau terlindungi. Tetapi sudah menjadi komitmen dan tekad dari PT Jasa Raharja untuk memberikan perlindungan jaminan asuransi kepada masyarakat. (skd)