Kamis, 29 Juni 2017

KPPU Makassar-Pemkot Sidak Pasar Di Palu

id pasar
KPPU Makassar-Pemkot Sidak Pasar Di Palu
Ilustrasi--Pasar Modern (antaranews)
Palu, (antarasulteng.com) - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama dengan Pemerintah Kota Palu melakukan inspeksi mendadak di pasar tradisional dan pasar modern di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis.

Sidak dilakukan sekitar pukul 10.00 pagi, dimulai dari pasar tradisional Inpres Manonda Palu dan berakhir di Pasar Modern Carrefour Palu.

Tim terdiri atas Kepala Kantor Perwakilan Daerah (KPD) KPPU Makassar Ramli Simajuntak, Wali Kota Palu Hidayat, dan Kepala Bank Indonesia Sulawesi Tengah Sulteng Miyono.

"Ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga selama Ramadhan dan menjelang Lebaran 2017," kata Kepala KPD KPPU Makassar Ramli Simajuntak kepada sejumlah wartawan usai sidak.

Ramli mengatakan di pasar tradisional harga masih terkendali kecuali dua komoditas yakni bawang putih dan telur.

"Bawang putih sebelumnya ada kenaikan harga, tetapi saat ini sudah turun dan dapat dikendalikan tetapi agak naik di pasar ritel modern," kata Ramli.

Ia mengatakan pasokan bawang putih berasal dari Surabaya, Jawa Timur, KPPU mulai pekan lalu mulai menyelidiki dugaan kartel bwang putih.

Sementara untuk telur kata dia, harganya naik hingga Rp10 ribu, karena ada kenaikan dari pemasok yakni peternak lokal.

"Ini harus menjadi perhatian dari pengambil kebijakan terkait dan akan kami tindak lanjuti," ujarnya.

Pihaknya berharap tidak ada kenaikan yang berlebihan, masyarakat diimbau untuk tidak khawatir karena stok bahan kebutuhan pokok cukup.

Di pasar tradisional Inpres Manonda Palu, salah seorang pedagang daging sapi Haji Kartini mengatakan harga daging masih normal sebesar Rp110 ribu per kilogram.

Sementara di lapak daging ayam, salah seorang pedagang Haji Haya mengatakan harga satu ayam bervariasi antara Rp25 ribu hingga Rp27 ribu.

Harga daging ayam kata dia, untuk minggu ini mengalami penurunan, karena stok dalam keadaan banyak, tetapi daya beli masyarakat agak menurun.

Salah seorang pedagang bumbu, Norma mengatakan harga bawang putih Rp60 ribu per kilogram. Jika pasokan cukup, harga normal bawang putih berkisar Rp35 ribu hingga Rp38 ribu.

"Harga cabai merah Rp35 ribu dan cabai rawit Rp40 ribu per kilogram dan masih dalam keadaan normal," kata Haji Rahmatia.

Sementara harga minyak goreng curah sebesar Rp12 ribu/kg, sedangkan untuk produk kemasan termurah sebesar Rp13 ribu.

Pedagang telur Haji Wana mengatakan harga telur dalam beberapa waktu terakhir naik sekitar Rp9 ribu, dari sebelumnya Rp28 ribu setiap rak menjadi Rp37 ribu.

"Telur diambil dari pengusaha ayam petelur lokal dengan harga sekitar Rp35 ribu," kata Haji Wana. (skd) 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga