Real Madrid juara Liga Champions 2017

id madrid

Real Madrid juara Liga Champions 2017

Real Madrid juara champions eropa 2017 setelah mengalahkan Juventus 4-1, yang dihelat di National Stadium Cardiff, Wales, Minggu dini hari WIB. (reuters)

Jakarta (antarasulteng.com) - Real Madrid menjuarai kompetisi Liga Champions 2017 atau gelar ke-12 kalinya sepanjang sejarah klub berjuluk Los Blancos itu setelah mengalahkan Juventus dengan skor 4-1 pada pertandingan yang dihelat di National Stadium Cardiff, Wales, Minggu dini hari WIB.

Real Madrid mengamankan gelar juara ke-12 berkat sumbangan dua gol dari Cristiano Ronaldo, Casemiro dan gol penutup dari punggawa muda Marco Asensio. 

Juventus yang terpaksa mengubur mimpinya untuk memboyong tiga gelar setelah menjuarai Serie A dan Coppa Italia hanya mampu membalas satu gol lewat tendangan akrobatik Mario Mandzukic pada babak pertama.

Laga ini juga diwarnai kartu merah yang diterima pemain Juventus, Juan Cuadrado, pada babak kedua.

Sedangkan bagi Real Madrid, kemenangan ini menjadi lebih spesial karena dilengkapi dengan catatan rekor sebagai tim pertama yang mencetak lebih dari 500 gol dan penampilan Ronaldo yang mampu menjebol gawang lawan dalam tiga final berbeda.

(Baca: Cristiano Ronaldo catat sejarah cetak gol di tiga final Liga Champions)

(Baca juga: Real Madrid cetak sejarah 500 gol di Liga Champions)

Pada jalannya laga, Real Madrid berhasil unggul lewat gol Cristiano Ronaldo yang tercipta berkat umpan silang pemain bertahan Dani Carvajal pada menit 20. Ronaldo melepaskan tendangan keras setelah meneruskan umpan Carvajal yang merangsek ke sisi kanan pertahanan Juventus. Bola itu langsung disontek Ronaldo dan menggetarkan jaring gawang Buffon.

Juventus memberikan reaksi yang cepat atas gol Ronaldo. Pada menit 27, Mario Mandzukic melepaskan tendangan salto yang mengubah skor menjadi imbang 1-1. Gol itu tercipta berkat kerjasama segitiga antara Alex Sandro, Higuain dan diselesaikan oleh Mandzukic.

Pada babak kedua, Real Madrid semakin menggila. Tenangan keras Casemiro dari tengah lapangan membuat penjaga gawang Juventus tak berdaya untuk menangkan bola yang bersarang di sudut kanan gawang pada menit 61.

Berselang tiga menit dari gol Casemiro, Ronaldo membawa Real Madrid unggul 3-1 setelah menerima umpan dari gelandang lincah asal Kroasia, Luca Modric. 

Upaya Juventus untuk mengejar ketertinggalan semakin sulit setelah Juan Cuadrado diganjar kartu kuning kedua pada menhit 84.

Unggul jumlah pemain mampu dimanfaatkan skuat Zinedine ZIdane untuk menambah gol. Marco Asensio yang masuk menggantikan Isco sukses menggenapi kemenangan 4-1 Real Madrid pada menit 90.

Statistik UEFA mencatat Real Madrid menguasai 54 persen berbanding 46 persen kepemilikan bola. Los Blancos melepaskan lima sepakan on-target dengan empat berbuah gol, sementara Juventus hanya menghasilkan satu gol dari empat sepakan akurat.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Juventus: 
Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Dani Alves, Pjanic, Khedira, Alex Sandro; Dybala, Higuain, Mandzukic
Cadangan: Neto, Benatia, Lichtsteiner, Marchisio, Asamoah, Cuadrado, Lemina

Real Madrid: 
Keylor Navas; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Isco; Benzema, Ronaldo
Cadangan: Casilla, Danilo, Nacho, Kovacic, Bale, Asensio, Morata. (skd)