Kodim Donggala Terjunkan Pasukan ke Lokasi Banjir

id Banjir, TNI, Kodim Donggala

Kodim Donggala Terjunkan Pasukan ke Lokasi Banjir

Komandan Kodim 1306/Donggala Letkol Kav I Gede Masa (FOTO: Antarasulteng/Moh. Ridwan/A055)

Letkol Kav I Gede Masa : "Untuk wilayah Kota Palu kami sudah berkoordinasi dengan Koramil agar personel selalu siaga. Sebagian personel juga sudah turun ke lapangan ikut membantu penanganan banjir di enam kelurahan,"
Palu (antarasulteng.com) - Kodim 1306/Donggala telah menerjunkan sejumlah prajurit di masing-masing wilayah di tiga kabupaten dan satu kota di Sulawesi Tengah yang terkena dampak maupun daerah potensi banjir.

Komandan Kodim 1306/Donggala Letkol Kav I Gede Masa di Palu, Senin, mengatakan untuk wilayah Kota Palu terdapat tiga Koramil yang siaga banjir dengan jumlah personel 50 orang.

Di Kota Palu terdapat enam kelurahan yang terkena dampak banjir akibat meluapnya Sungai Palu.

Dari 50 prajurit itu, jelas Gede, sebagian sudah turun ke lokasi banjir bergabung bersama personel Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu, lurah dan unsur masyarakat setempat.

"Untuk wilayah Kota Palu kami sudah berkoordinasi dengan Koramil agar personel selalu siaga. Sebagian personel juga sudah turun ke lapangan ikut membantu penanganan banjir di enam kelurahan," jelasnya.

Sementara, Kabupaten Sigi terdapat Koramil di daerah itu juga sudah siaga banjir dengan jumlah personel sekitar 100 orang. Saat ini, sebagian personel itu sudah bergerak melakukan langkah-langkah antisipasi serta penanganan darurat di wilayah Kecamatan Gumbasa, Dolo dan Kulawi.

Begitu pula di Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong. Banjir yang menerjang dua kecamatan di Donggala yakni Dampelas dan Sojol, serta wilayah Sausu di Parigi Moutong juga sudah ditangani personel TNI-AD yang ada di wilayah itu.

"Kabupaten Donggala ada lima Koramil dan dua Pos Koramil siaga banjir dengan personel 120 orang sebagian sudah turun ke lapangan di dua lokasi di Dampelas dan sojol. Banjir di daerah ini menelan korban jiwa satu orang," ujarnya.

Sementara di Parigi Moutong terdapat lima Koramil dan dua pos Koramil siaga banjir dengan personel 130 orang dan sebagian juga sudah turun di daerah sausu," jelasnya.

I Gede Masa mengatakan selain pengamanan teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia, prajurit TNI juga memiliki tanggung jawab melaksanakan tugas-tugas misi kemanusiaan.

"Sejauh ini Kodim juga sudah menyiapkan personel perkuatan bila dibutuhkan dari Yonif 711/Raksatama sesuai kebutuhan berdasarkan perintah dari Pangdam XIII/Merdeka," ujarnya.***