Selasa, 19 September 2017

Bulog Sulteng Beli 11.000 Ton Beras Petani

id beras
Bulog Sulteng Beli 11.000 Ton Beras Petani
Bulog beli beras petani (Foto Antara)
Palu,  (antarasulteng.com) - Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Tengah sudah membeli sebanyak 11.000 ton beras produksi petani dari sejumlah daerah di provinsi ini.

Kepala Bulog Divre Sulteng Suprianto, di Palu, Kamis, mengatakan pada musim panen (MP) 2017 ini pihaknya menargetkan pengadaan beras sekitar 40.000-an ton.

Sementara pengadaan gabah di Sulteng baru sekitar 50 ton.

"Target pengadaan gabah tidak ditentukan karena memang petani di Sulteng selama ini enggan menjual gabah," kata dia lagi.

Petani di daerah ini terbiasa menggiling gabah menjadi beras, kemudian menjualnya ke pedagang dan Bulog.

Meski pengadaan beras masih jauh dari target yang ditetapkan, tetapi Bulog setempat terus berupaya membeli langsung ke petani dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Bulog Sulteng, kata Suprianto, telah menargetkan pada tahun ini bisa mendiri dalam hal pemenuhan beras kebutuhan masyarakat penerima beras untuk keluarga sejahtera (rastra) di seluruh kabupaten dan kota.

Menurutnya, kendati pengadaan beras belum setengah dari target, namun cadangan stok beras yang ada di gudang Bulog sampai saat ini masih cukup memadai.

Bulog Sulteng masih menguasai stok beras dalam jumlah besar dan dijamin mampu memenuhi kebutuhan penyaluran, termasuk stok cadangan pemerintah yang dialokasikan untuk korban bencana alam di seluruh daerah di provinsi ini.

Harga beras di tingkat petani saat ini berkisar Rp8.000/kg. Bulog membeli beras petani sesuai HPP (harga pembelian pemerintah) sebesar Rp7.300/kg.

Walaupun selisihnya cukup besar, namun Bulog tetap berusaha membeli dengan terus menjalin kemitraan dengan kelompok tani dan pengusaha penggilingan padi yang ada di masing-masing daerah di Sulteng, katanya pula. (skd) 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga