Jalur Palu-Napu Masih Putus

id jalan, putus

Jalur Palu-Napu Masih Putus

Jalur Palu-Napu masih putus (ist)

Poso, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Jalur transportasi darat yang menghubungkan Kota Palu dengan Dataran Napu di Kabupaten Poso hingga kini masih putus akibat bencana tanah longsor yang terjadi beberapa hari lalu.

Wartawan ANTARA dari lokasi, Sabtu, sejumlah titik longsor terjadi pada ruas jalan antara Dusun Dongi-Dongi dengan Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara.

Pada sepanjang jalur itu terlihat beberapa titik badan jalan yang longsor dan terus diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum/Bina Marga Provinsi Sulteng.

Terlihat ada tiga alat berat (buldozer) yang melakukan upaya normalisasi kembali agar jalur yang putus akibat tanah longsor tersebut dapat dilewati kendaraan.

Khusus sepeda motor terpaksa dipikul oleh warga dengan mengutip biaya sebesar Rp50 ribu/kendaraan.

Sementara kendaraan mobil baik dari arah Palu menuju Napu dan sebaliknya tidak bisa melintas di jalur tersebut karena masih banyak material longsor yang menutupi badan jalan.

Bukan hanya material tanah, tetapi juga disertai batu-batuan dan pepohonan tumbang sehingga memerlukan waktu beberapa hari ke depan untuk membersihkan badan jalan sehingga bisa kembali dilewati kendaraan.

Sementara Camat Lore Utara, Yanson Tokare berharap poros jalan provinsi yang putus akibat bencana tanah longsor tersebut dalam beberapa hari ke depan ini bisa kembali normal.

Ia mengatakan poros itu sangat vital bagi roda ekonomi masyarakat di Dataran Napu, Lembah Bada dan Lembah Besoa, Kabupaten Poso.

Sejak jalur itu putus hingga kini petani tidak bisa menjual hasil panen pertanian dan perkebunan.

Dataran Napu selama ini merupakan sentra pengembangan tanaman hortikultura dan buah-buahan.

Hampir sebagian besar hasil produksi petani dijual di Kota Palu dan sebagian lagi diantarpulau setiap dua pekan sekali ke Kalimatan Timur (Kaltim).

Komoditi hortikultura antara lain, kubis, buncis,sawi, daun bawang, cabai, tomat, kentang, wortel dan labu. Sedangkan buah-buahan antara lain jeruk manis, rambutan, langsat , durian, mangga, nangka, nenas. (skd)