Penumpang Tiba Di Pantoloan Cukup Padat

id penumpang

Penumpang Tiba Di Pantoloan Cukup Padat

Pelindo perioritaskan kapal penumpang dan barang. (Foto : ANTARA)

Hari ini ada dua kapal Pelni yang akan tiba di Pelabuhan Pantoloan Palu," kata Kepala PT Pelni Cabang Sulteng, Benny Baskoro, Jumat.
Palu, (antarasulteng.com) - Kepala Cabang PT Pelni Sulawesi Tengah Benny Baskoro mengatakan jumlah penumpang yang turun di Pelabuhan Pantoloan Palu menggunakan KM Lambelu pada pukul 05.00 WITA sebanyak 1.277 orang.

"Sebaliknya, penumpang yang naik atau diberangkatkan dari Pelabuhan Pantoloan menuju berbagai kota tujuan dengan kapal sama pada hari ini hanya 223 orang," katanya di Palu, Jumat.

Pada hari Jumat, kata dia, ada dua kapal penumpang Pelni yang tiba dan diberangkatkan dari Pelabuhan Pantoloan, sekitar 23 km utara Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng itu.

Satunya lagi, yakni KM Labobar, sesuai dengan jadwal akan tiba di pelabuhan tersebut sekitar pukul 18.00 WITA.

Khusus penumpang dari Palu dan sejumlah daerah di Sulteng yang mudik dengan KM Labobar diperkirakan 600 hingga 700 orang dari kapasitas angkut mencapai 3.000 orang.

Rute pelayaran KM Labobar selama ini adalah Pantoloan-Balikpapan-Surabaya.

Sementara itu, KM Lambelu melayani rute pelayaran Pantoloan-Tarakan-Nunukan, Balikpapan, Pare-Pare-Makassar-Baubau.

Dengan kondisi penumpang yang sekarang ini, menurut dia, terbilang sangat minim dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dua kapal milik Pelni tersebut masih memadai.

Meski terjadi lonjakan arus mudik, dia menegaskan bahwa pihaknya masih bisa mengatasinya dengan dua kapal tersebut.

Ia mengatakan bahwa pengguna jasa transportasi kapal laut dewasa ini makin berkurang dengan banyaknya maskapai penerbangan di daerah-daerah.

Kebanyakan orang memilih mudik dengan pesawat meski tarif pesawat menjelang Lebaran biasanya naik.

"Akan tetapi, kenaikan itu tetap tidak menjadi masalah bagi seseorang untuk mudik dengan menggunakan transportasi udara," katanya lagi.(BK03)