Ratusan Personel Dishub Dikerahkan Malam Lebaran

id dishub

Ratusan Personel Dishub Dikerahkan Malam Lebaran

Ilustrai (ANTARA FOTO )

Palu,  (antarasultengAntara) - Ratusan personel Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu, Sulawesi Tengah, akan dikerahkan untuk mengamankan arus lalulintas pada malam lebaran di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu.

"Sekitar 100 personel akan kami turunkan untuk mengurai arus lalulintas pada malam lebaran nanti," kata Kepala Dinas Perhubungan Palu Setyo Sudanto di Palu, Jumat malam.

Ratusan personel ini, kata dia, akan disiagakan di titik-titik keramaian dan pusat perbelanjaan di yang nantinya akan bergabung dengan polisi lalulintas Polres Palu termasuk pengamanan parkir liar.

Ia menjelaskan pelibatan Dishub dalam menjaga situasi arus lalulintas dan mengurai kemacetan pada malam lebaran nanti sudah setiap tahunnya dilakukan pemerintah setempat.

Pusat-pusat keramaian itu di antaranya kawasan pertokoan, Palu Plaza hingga Jalan Sis-Aljufri, kemudian Grand Mall, pasar Ramadhan Lentora di kompleks Masjid Agung dan sejumlah pusat perbelanjaan di kota itu.

"Ini kami lakukan untuk menstabilkan arus lalulintas serta mengurai kemacetan dan juga menjaga parkir temporer," katanya.

Menurut Setyo, parkir perlu ditertibkan termasuk terkait tarif sehingga tidak ada yang mematok tarif di atas ketetapan tarif yang ada di dalam Perda.

Akhir-akhir ini, kata dia, banyak masyarakat mengeluh soal parkir bahkan di tempat ATM ada juru parkir.

"Ini semua akan kita sterilkan," katanya.

Untuk mendukung pergerakan arus lalulintas agar tetap lancar, pihaknya akan merekayasa jalur lalulintas umum pada H-7 lebaran.

Sementara rekayasa khusus baru akan dilakukan pada H-1 lebaran, yang mana jalur yang dianggap paling krusial yakni jembatan Palu satu arah jalan Gajah Mada dan Sultan Hasanuddin.

"Pada malam lebaran jembatan Palu satu akan kita berlakukan dua arah mulai pukul 18:00 hingga pukul 03:00 Wita dini hari," katanya.

Di samping itu, di tempat lain yakni terminal dan bandar udara Mutiara Sis-Aljufri, Dishub juga akan menerjunkan sekitar 90 personel untuk untuk pengamanan arus mudik lebaran.

"Personel kami turunkan setelah penetapan arus mudik sesuai yang dijadwalkan," katanya.(skd)