Jerman kalahkan Australia 3-2 di Piala Konfederasi

id jerman

Jerman kalahkan Australia 3-2 di Piala Konfederasi

Timnas Jerman merayakan gol ke gawang Australia pada pertandingan Grup B Piala Konfederasi 2017, di Rusia, Senin (19/6/17). (fifa)

Jakarta (antarasulteng.com) - Timnas Jerman mengalahkan Australia dengan skor 3-2 pada pertandingan pertama mereka di Grup B Piala Konfederasi 2016 yang digelar di Stadion Fisht Sochi, Rusia, Senin.

Jerman cukup bersusah payah untuk mengalahkan Australia yang bermain cukup lepas dan terbuka pada babak kedua. Gol-gol kemenangan Der Panzer dicetak oleh Lars Stindl, Julian Draxler dan Leon Goretzka. Sedangkan dua gol Australia diciptakan oleh Tom Rogic dan Tomi Juric pada babak kedua.

Jerman untuk sementara berada di posisi dua klasemen sementara Grup B dengan perolehan tiga poin, tertinggal selisih gol dari pemuncak klasemen Chile yang mengalahkan Kamerun 2-0 pada pertandingan kemarin. Jerman akan menghadapi Chile pada pertandingan kedua pada 23 Juni mendatang.

Pada jalannya laga, Jerman yang didominasi pemain muda berhasil unggul 1-0 lewat gol Lars Stindl yang meneruskanumpan Julian Brandt pada menit ke-5. Gol itu merupakan gol pertama Lars Stindl untuk Timnas Jerman.

Australia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat aksi Tom Rogic yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola sebenernya sempat mengenai pemain bertahan Jerman, namun Rogic kembali melepaskan sepakan keras yang mengantar bola masuk ke gawang Leno pada menit 41.

Jerman kembali unggul 2-1 melalui eksekusi penalti Julian Draxler menyusul pelanggaran Massimo Luongo terhadap Goretzka pada menit 44. Skor 2-1 bertahan pada 45 menit pertama.

Pada awal babak kedua, Australia memasukkan Robbie Kruse menggantikan Massimo Luongo.

Pasukan Joachim Loew yang mengambil inisiatif serangan sejak awal babak kedua berhasil menambah keunggulan saat umpan Joshua Kimmich berhasil diselesaikan Leon Goretzka pada menit 48.

Namun Australia belum menyerah, Tomi Juric memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2 setelah memanfaatkan bola hasil tendangan bebas Mooy yang gagal dibuang dengan sempurna oleh barisan pertahanan Jerman pada menit 56.

Sepakan Tomi Juric awalnya menuai kontroversi karena bola terlihat seolah mengenai tangan seorang pemain Australia, namun wasit mengesahkan gol itu setelah ofisial pertandingan memastikan tidak ada pelanggaran melalui video tayangan ulang (VAR).

Setelag gol itu, kedua tim semakin terbuka dalam menyerang. Jerman memiliki peluang emas saat tembakan Werner mengenai tiang gawang pada menit 75.

Australia pun nyaris menyamakan kedudukan saat Juric yang berdiri bebas akan mendapatkan bola terobosan dari lini tengah, beruntung kiper Jerman, Leno, keluar dari area gawang untuk menyapu bola tersebut pada menit 81.

Skor 3-2 untuk kemenangan Jerman bertahan hingga laga selesai, demikian FIFA.

Susunan pemain:

Jerman (4-4-2): 
Leno; Kimmich, Mustafi, Rudiger, Hector; Brandt, Rudy, Goretzka, Draxler; Stindl, Wagner.
Cadangan: Demirbay, Sule, Plattenhardt, Werner, Ginter, Trapp, Henrichs, Can, Younes, Ter Stegen.

Australia (3-4-3): 
Ryan; Wright, Sainsbury, Degenek; Leckie, Milligan, Mooy, Behich; Luongo, Rogic, Juric.
Cadangan: R. McGowan, Irvine, Vukovic, Kruse, MacLaren, Troisi, Jeggo, Langerak, D. McGowan, Hrustic, Cahill, Gersbach. (SKD)