Kamis, 21 September 2017

Pasar Lentora Palu Libatkan 382 Pedagang

id hidayat
Pasar Lentora Palu Libatkan 382 Pedagang
Wali Kota Palu Hidayat (Foto:ANTARAsulteng/Ridwan/A055)
Palu,  (antarasulteng.com) - Pasar Lentora atau pasar tahunan jelang hari raya Idul Fitri di Kota Palu yang digelar di halaman Masjid Agung Darussalam Palu, melibatkan sebanyak 382 pedagang untuk tahun 2017 ini.

Asisten Pemerintahan Pemkot Palu Imran Lataha mengatakan kegiatan rutin tahunan itu dilaksanakan selama enam hari sejak 19 Juni hingga 25 Juni 2017 dengan melibatkan 382 pedagang baik lokal maupun dari luar Kota Palu.

"Kegiatan itu sudah dibuka secara resmi oleh Wali Kota Palu, Hidayat pada Senin (19/6) malam," katanya di Palu, Rabu.

Imran yang juga ketua panitia kegiatan menyatakan bahwa rutinitas itu digelar dalam rangka mendorong peningkatan geliat ekonomi masyarakat dan para pelaku usaha.

Sementara itu Wali Kota Palu Hidayat mengatakan penentuan tempat pelaksanaan pasar di halaman Masjid Agung dikarenakan melihat sisi keamanan dan ketertiban masyarakat dan Kota Palu.

"Berdasarkan pengalaman tahun lalu, yang kita alami dengan adanya pasar Lentora dipusatkan di masjid agung, yakni mampu mengurai kemacetan sejak beberapa hari sebelum hari Idul Fitri," kata Hidayat

Ia menambahkan bahwa keuntungan lain yang diperoleh dari pelaksanaan pasar di Masjid Agung yakni adanya pemusatan konsentrasi dari pihak keamanan dalam menjaga ketertiban.

"Seperti tahun lalu, Lentora ini aman dan tertib, kita berharap bahwa dari segi keamanan selama Ramadan hingga Idul Fitri nanti dapat terus terpelihara, sehingga apa yang menjadi cita-cita kita dapat terwujud," harap Hidayat.

Terkait dengan pengelolaan parkir di sekitar Pasar Lentora Palu, Wali Kota Hidayat menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat sekitar. Akan tetapi ia tetap meminta kepada mereka untuk tidak menaikkan tarif parkir dari yang telah ditentukan.

"Untuk parkir kita serahkan kepada masyarakat saja, namun seperti tarif biasa, yakni untuk motor Rp2 ribu hingga Rp3 ribu dan mobil Rp3 ribu hingga Rp5 ribu. Anggaplah itu hadiah lebaran dari Pemkot bagi mereka," tutup Hidayat. (skd) 

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga