Pemprov Sulteng Lepas Pemudik Gratis

id mudik

Pemprov Sulteng Lepas Pemudik Gratis

PELEPASAN MUDIK GRATIS PEMPROV SULTENG Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Derry Djanggola melepas sejumlah bus yang membawa pemudik Program Mudik Gratis di Depan Kantor Gubernur Sulawesi Tengah di Palu, Rabu (21/6). Program Mudik Gratis itu memberangkatkan 334 orang pemudik dengan tujuan se

Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola diwakili Sekretaris Daerah provinsi setempat Derry Djanggola melepas ratusan pemudik gratis yang hendak berlebaran di kampung halaman.

Pelepasan tersebut berlangsung di Jalan Sam Ratulangi, depan Kantor Gubernur dihadiri sejumlah pejabat setempat, Rabu, dengan memberangkatkan sebanyak 334 orang pemudik dengan tujuan sejumlah kabupaten di Sulawesi Tengah.

Derry mengatakan program tersebut merupakan program mudik gratis yang pertama kali diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk membantu dan meringankan beban warga khususnya kurang mampu yang ingin mudik lebaran 2017.

Para penumpang yang diberangkatkan tersebut menggunakan sejumlah bus yang disediakan pemerintah provinsi.

Sebelumnya Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menghimbau kepada para pemudik lebaran agar selalu menjaga keselamatan dalam berkendara baik menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan angkutan bus.

"Keselamatan itu penting, sehingga bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan angkutan bus agar lebih berhati-hati," kata Longki.

Selain pemudik, ia juga menekankan agar kendaraan umum yang mengangkut para pemudik juga perlu memperhatikan kondisi armada angkutan. Sebab menurutnya, hal-hal sepele dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan dan berakibat fatal.

"Sebelum berangkat periksa dulu kelayakan kendaraan, mulai dari rem hingga hal-hal teknis lainnya, sehingga dalam perjalanan situasi tetap aman," katanya.

Apalagi katanya, saat ini kondisi cuaca di Sulawesi Tengah kurang bersahabat, olehnya perlu kehati-hatian dan tetap waspada saat berkendara khususnya melintas di area pegunungan.

Kepala Dinas Perhubungan Sulteng Abdul Haris Renggah mengatakan program mudik gratis ini akan dilaksanakan lagi pada menjelang hari raya Natal 2017.

Sebelum diberangkatkan, seluruh kendaraan yang digunakan menjalani pemeriksaan fisik secara detail dan para pengemudinya mengikuti pemeriksaan medis lengkap oleh tenaga dokter yang disiapkan.

Program ini melibatkan puluhan bus dan minibus dengan rute dari Kota Palu menuju Tolitoli, Buol, Poso, Ampana, Luwuk, Morowali dan Morowali Utara serta Banggai Kepulauan.

Khusus pemudik ke Banggai Kepulauan, kata Haris Renggah, pihaknya menyediakan kapal feri untuk menyeberangkan mereka ke Salakan, Ibu Kota Kabupaten Banggai Kepulauan. (skd)