PLN Palu: Pasokan Listrik Selama Lebaran Normal

id pln

PLN Palu: Pasokan Listrik Selama Lebaran Normal

Ilustrasi (antaranews)

Kami berharap semua pembangkit yang ada tidak mengalami gangguan
Palu,  (antarasulteng.com) - PT PLN Area Palu, Sulawesi Tengah, menjamin pasokan listrik selama masa Lebaran 2017 di daerah itu tetap normal.

"Kami berharap semua pembangkit yang ada tidak mengalami gangguan," kata Manager PLN Area Palu Emir Muhaimin di Palu, Sabtu.

Ia mengatakan selama ini kebutuhan listrik untuk masyarakat di Palu dan sekitarnya dipasok dari sejumlah pembangkit listrik milik PLN maupun swasta.

Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) milik PLN, kata Emir, dalam kondisi baik dan tetap beroperasi.

Begitu pula pembangkit listrik milik swata seperti PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) yang dikelolah PT Pusaka Jaya Palu Power (PJPP) dan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Sulewana Poso.

Hingga kini, seluruh pembangkit yang ada beroperasi normal untuk menenuhi kebutuhan listrik di sejumlah wilayah Sulteng, termasuk tiga kabupaten tetangga Palu yakni, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong.

PLN selama bulan puasa dan Lebaran 2017 menyiapkan tim khusus yang siap merespons jika terjadi gangguan pada pembangkit dan jaringan listrik.

Dia mengaku yang sering terjadi selama ini adalah gangguan jaringan. Masalahnya, kata dia, sebagian besar jaringan listrik melewati kebun dan hutan sehingga rawan terjadi gangguan ketika tertimpa pepohonan yang tumbang.

Paling rawan adalah jaringan listrik yang menghubungkan PLTA Poso dengan Gardu Induk (GI) Sidera, Kabupaten Sigi karena jaringannya melewati hutan dan kebun masyarakat.

Dari GI Sidera, barulah listrik dialirkan ke sistem kelistrikan Palu. (skd)