Selasa, 26 September 2017

Jurus jitu singkirkan pestisida dari makanan Anda

id buah
Jurus jitu singkirkan pestisida dari makanan Anda
Ilustrasi (Foto : ANTARA)
Jakarta (antarasulteng.com) - Siapapun pasti menginginkan bisa mengonsumsi buah dan sayuran segar tanpa pestisida dan zat berbahaya lainnya, karena merusak kesehatan dan bisa saja mengurangi sensasi lezat makanan Anda. 

Lantas bagaimana menyingkirkan pestisida yang mungkin saja ada dalam makanan Anda? Berikut caranya: 

1. Cuci bersih
 
Mencuci buah dan sayuran secara menyeluruh bisa membantu Anda menyingkirkan kotoran yang menempel di permukaan luar kedua jenis makanan itu. 

Sayuran seperti kentang dan buah-buahan seperti sawo sering terdapat kotoran yang menempel di kulitnya. Mencuci jenis buah dan sayur seperti itu dengan air dingin akan membantu Anda menyingkirkan kotoran. 

Tentu saja, cara ini bermanfaat jika nantinya Anda ingin mengonsumsi bersama kulitnya.


2. Rendam di air garam


Merendam buah dan sayuran dalam air garam dapat membantu menyingkirkan kotoran bersama dengan bahan kimia dan pestisida. Hal ini karena garam ampuh membunuh bakteri. 


3. Mengupas

Karena banyak sayuran dan buah yang kulitnya terkontaminasi residu kotoran atau tebal, maka cara terbaik menyingkirkan bahan kimia itu dengan mengupas kulit kedua jenis makanan itu. 


4. Dipanaskan

Memanaskan buah dan sayur pada suhu ekstrem efektif menyingkirkan bahan kimia dan pestisida. 

Pertama-tama, rebus air, rendam buah atau sayur dalam air ini selama 15 detik sampai 1 menit. Setelah itu, pindahkan buah atau sayur yang telah direbus ke mangkuk berisi air es. Dengan cara ini kotoran akan lepas.


5. Rendam dalam larutan asam lemon / sitrat


Lemon atau asam sitrat yang dicampur dalam air menghasilkan larutan antimikroba. Dengan begitu larutan ini akan menghancurkan kuman dan bakteri yang ada pada buah dan sayuran. 

Anda hanya membutuhkan jus dari setengah lemon atau buah sitrat untuk menyingkirkan kuman ini.


6. Menyikat buah dari lapisan lilin

Buah terutama apel lazim mengandung lapisan lilin di kulitnya. Cara terbaik untuk mengetahui ada tidaknya lapisan lilin adalah dengan menyikat atau menggaruk kulit buah menggunakan pisau atau bahkan kuku Anda. 


7. Rendam dengan air kunyit 

Kunyit adalah bumbu yang biasa digunakan masyarakat India di masa lalu untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri dari makanan. Tuangkan 1 sendok teh kunyit di air, lalu rendamlah buah dan sayuran dalam larutan ini.


8. Gunakan Cuka putih



Cara ini mengharuskan Anda menakar 10 persen cuka dan 90 persen air. Setelah campuran siap, biarkan buah dan sayuran terendam dalam larutan ini selama 15-20 menit. Setelah itu bilas. 

Cuka bisa mengurangi residu pestisida. Namun, tidak akan menyingkirkan secara tuntas. 

Jangan pernah rendam buah yang teksturnya cenderung rapuh semisal buah beri dalam larutan ini. Demikian seperti dilansir Times of India. (skd)

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga