Kamis, 21 September 2017

Perekonomian Sulteng Tumbuh 3,91 Persen Awal 2017

id BI
Perekonomian Sulteng Tumbuh 3,91 Persen Awal 2017
Jumpa Pers Bank Indonesia Sulteng terkait hasil Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Sulawesi Tengah selama triwulan I tahun 2017. (www.antarasulteng.com/Fauzi)
Selisih pertumbuhan sangat kecil sekitar 0,11 persen
Palu, (antarasulteng.com) - Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah selama triwulan I tahun 2017 mengalami pertumbuhan sebesar 3,91 persen, atau lebih tinggi dari triwulan VI tahun 2016 sebesar 3,80 persen.

"Selisih pertumbuhan sangat kecil sekitar 0,11 persen," kata Kepala Bank Indonesia perwakilan Sulteng, Miyono di Palu, Senin.

Miyono menjelaskan nilai tambah pertumbuhan sektor pertambangan nikel jika dilihat dari triwulan I tahun 2015 lalu, secara umum tidak lagi memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu kata dia, perbaikan produksi dari sektor pertanian terutama sub sektor tanaman pangan dan perkebunan, memberikan dampak yang cukup baik, seiring dengan berakhirnya anomali cuaca el nino dan la nina beberapa waktu terakhir.

"Dampaknya mendorong pertumbuhan ekonomi, meski dalam skala terbatas," ungkap Miyono.

Lebih lanjut kata Miyono, peningkatan hasil di sektor industri pengolahan, belum bisa menghasilkan ritme pertumbuhan ekonomi sama, bila dibandingkan dengan periode puncak pertumbuhan di triwulan I tahun 2016.

Selain itu, kondisi produksi smelter baru untuk industri Nikel di Kabupaten Morowali Utara yang belum optimal, serta belum selesainya pembangunan pabrik pengolahan amonia di Kabupaten Banggai, merupakan faktor utama penyebab akselerasi pertumbuhan ekonomi tidak setinggi periode sebelumnya.

"Perkembangan pembangunan pabrik amonia di Banggai mencapai 85 persen dan diharapkan selesai di bulan November 2017," ujar Miyono.

Miyono berharap jika nantinya pembangunan pabrik itu selesai sesuai dengan perencanaan, dapat memberikan penambahan peningkatan hasil dari sektor indistri pengolahan dan sekaligus memberikan peningkatan perekonomian Sulteng di triwulan IV tahun 2017.

"Kami memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Sulteng untuk triwulan II tahun 2017 berada pada kisaran 5,5 persen hingga 5,9 persen bila dibandingkan dengan triwulan I tahun 2017 sebesar 3,91 persen," tutup Miyono. (FZI)

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga