Pascalebaran Harga Sembako Di Palu Stabil

id sembako

Pascalebaran Harga Sembako Di Palu Stabil

Aktivitas penjualan bahan pokok di pasar (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pascalebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah harga berbagai jenis kebutuhan pokok masyarakat di Palu, Sulawesi Tengah cukup stabil dan stok memadai.

Pantauan di sejumlah pasar tradisional di Palu, Jumat, beras stabil terendah Rp8.500/kg dan tertinggi Rp11.000/kg.

Sama halanya daging sapi yang menjelang Lebaran naik kini sudah kembali normal Rp110.000/kg yang sebelumnya mencapai Rp120.000.

Minyak goreng curah bimoli Rp11.000/liter, gula pasir Rp12.500/kg, bawang merah Rp20.000/kg, bawang putih Rp35.000/kg dan telur ayam Rp1.000/butir.

Yang mengalami kenaikan adalah buah tomat yang normalnya Rp5.000/kg, kini naik menjadi Rp8.000/kg. Kenaikan harga tomat dikarenakan produksi petani menurun akibat dampak curah hujan yang tinggi sejumlah sentra produksi.

Banyak buah tomat yang gugur sebelum panen tiba karena pengaruh hujan.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Palu, Tamin Tombolotutu mengatakan ketersediaan kebutuhan pokok di pasaran setempat cukup aman.

Demikian halnya harga di tingkat pengecer relatif stabil dan terkendali, meski permintaan masyarakat meningkat selama menjelang dan pasca Lebaran.

Suplai dari sentra-sentra produksi dan juga distributor untuk beberapa kebutuhan pokok yang didatangkan dari luar berjalan lancar.

Akibat pasokan lancar, hargapun cukup stabil. Kecuali buah tomat memang mengalami kenaikan harga produksi petani menurun karena dampak curah hujan yang tinggi. (skd)