Selasa, 25 Juli 2017

Sebagian Badan Jalan Trans Tolitoli Ambles

id ambles, jalan
Sebagian Badan Jalan Trans Tolitoli Ambles
Jalan lonsor (ANTARA/Zabur Karuru)
Palu,  (antarasulteng.com) - Sebagian badan jalan poros Trans Sulawesi Palu-Tolitoli ambles akibat hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten itu dalam beberapa hari terakhir ini.

Seorang pengendara sepeda motor warga Tolitoli kepada Antara, Senin mengatakan bahwa badan jalan sepanjang 20 meter di Desa Pangi, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli longsor.

Namun demikian, kata pria yang mengaku bernama Man itu, kendaraan bermotor termasuk mobil masih bisa melewati jalan tersebut, tetapi harus ekstra hati-hati karena jalan menjadi sempit dan licin.

Menurut dia, jika sopir tidak berhati-hati saat melewati badan jalan yang ambles tersebut, kendaraan bisa terjatuh ke jurang berkedalaman sekitar 25 meter.

Poros Trans Sulawesi menuju Tolitoli, satu-satunya jalur darat yang selama cukup ramai dilalui berbagai kendaraan sepeda motor dan mobil dari dan ke Kabupaten Tolitoli dan Buol.

"Jika jalur itu putus total, maka akses yang bisa ditempuh hanya melalui jalur transportasi udara dan laut," kata pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Tolitoli itu.

Ia berharap instansi teknis dapat segera melakukan perbaikan badan jalan yang ambles tersebut karena cukup rawan kecelakaan. "Lagi pula, jalan itu sangat vital," kata Man.

Kabupaten Tolitoli sebelumnya juga dilanda banjir bandang sebanyak dua kali yang menyebabkan beberapa korban jiwa dan merusak ratusan bangunan rumah penduduk, sekolah, jaringan listrik dan sarana air bersih.

Hingga kini, ribuan kk warga di sejumlah kecamatan di Kabupaten Tolitoli mengalami kesulitan air bersih karena jaringan pipa air milik PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) setempat, seluruhnya hancur diporak-porandakan bencana banjir bandang.

Masyarakat hingga kini masih membutuhkan bantuan air bersih. (skd) 

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga