Kuota Calon Haji Palu 720 Orang

id haji

Kuota Calon Haji Palu 720 Orang

Ilustrasi--Persiapan pemberangkatan haji (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kementerian Agama menetapkan kuota calon jamaah haji asal Kota Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, yang akan berangkat melaksanakan ibadah haji ke Mekkah, Arab Saudi, pada 2017 sebanyak 720 orang.

Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2016 yang hanya 500 orang.

"Calon jamaah haji Kota Palu 720 orang, ditambah tim pendamping haji daerah, petugas kloter dan pembimbing kloter maka total rombongan kita sekitar 766 orang," kata Kepala Seksi Haji Kantor Kemenag Kota Palu Abd Munim A Godal di Palu, Senin.

Dia menjelaskan jumlah kuota tersebut sudah termasuk kuota tambahan dari calon jamaah haji lanjut usia (lansia) berjumlah tujuh orang.

Penambahan kuota berasal dari lansia berdasarkan usulan Kantot Kemenag Kota Palu kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kantor Kemenag Kota Palu megusulkan sekitar 46 nama lansia, namun yang disetujui oleh pemerintah pusat berdasarkan hasil verifikasi hanya tujuh orang.

"Keputusan ini langsung dari pusat. Jadi tidak ada intervensi kami di daerah khususnya di wilayah Kota Palu. Dan dipastikan 720 calon jamaah haji ini diberangkatkan," ungkapnya.

Untuk mempersiapkan segala sesuatunya, kata Munim, maka calon jamaah haji Kota Palu akan kembali melakukan manasik haji pada tanggal 19 Juli 2017 dengan dua kali pertemuan di Asrama Haji Transit Palu.

Manasik itu dilakukan untuk memberikan pemahaman pelaksanaan ibadah haji.

"Kami memilih melaksanakan manasik ini seminggu sebelum pemberangkatan, agar apa yang disampaikan saat pengarahan itu terserap dengan baik untuk memudahkan mereka melakukan ibadah," katanya.

Dijadwalkan calon jamaah haji Kota Palu akan berangkat pada 3 Agustus 2017 di gelombang pertama bersama sejumlah daerah dari provinsi lain. Kota Palu mendapat porsi empat kelompok terbang (kloter), dengan jumlah per satu kelompok terbang sekitar 400 orang.

Jumlah itu, kata dia, bertambah karena pemerintah telah menyediakan pesawat berukuran besar sebagai alat transportasi udara dengan kapasitas penumpang lebih dari 300 orang.

"Dengan pesawat boeing yang lebih besar maka kelompok terbang semakin diperkecil untuk mengefektifkan pemberangkatan," ujarnya.

Tahun 2017, kata Munim, kuota calon haji Palu mengalami peningkatan cukup signifikan, yang mana tahun sebelumnya kuota itu hanya sekitar 500 lebih jamaah.

"Ada peningkatan jumlah calon jamaah haji sekitar 200 orang," katanya. (skd)