Elpiji 3kg Di Sulteng Satu Juta Tabung

id elpiji

Elpiji 3kg Di Sulteng Satu Juta Tabung

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - PT Pertamina Persero Sulawesi Tengah mencatat distribusi gas elpiji ukuran 3 Kg di Sulawesi Tengah tembus sekitar satu juta tabung per bulan karena sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

"Distribusi tabung gas elpiji 3 Kg meningkat dan saat ini distribusi mencapai satu juta tabung untuk peruntukan semua kabupaten dan kota di wilayah Sulawesi Tengah," Kata Sales Markating Elpiji wilayah V Pertamian Sulawesi Tengah, Bastian di Palu, Rabu.

Di wilayah Sulawesi Tengah kuota tabung gas elpiji 3 kg selama setahun telah diatur pemerintah melalui Pertamina sebagai pihak yang ditunjuk untuk mengelolah minyak dan gas.

Sehingga stok kebutuhan gas bersubsidi di masyarakat dalam jangka waktu 12 bulan itu dapat diprediksi cukup atau sebaliknya.

"Pemerintah sudah menetapkan jatah masing-masing daerah untuk kebutuhan selama setahun, sudah termasuk penghitungan penambahan kuota di hari-hari besar keagamaan," kata Bastian.

Selain distribusi gas elpiji bersubsidi, katanya, Pertamina juga mendistribusi tabung gas nonsubsidi ukuran 5,5 kg sebanyak 2.500 tabung per bulan tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Tengah.

Kata dia, stok gas nonsubsidi 5,5 kg sejauh ini tidak mengalami kelangkaan seperti gas elpiji 3 Kg.

"Memang sejauh ini masyarakat belum tertarik menggunakan tabung gas ukuran 5,5kg," ujar dia.

Ia mengatakan saat ini kebutuhan gas elpiji 3 Kg tidak mengalami kelangkaan stok, karena pemerintah telah menyediakan stok lebih banyak dari sebelumnya mengingat moment besar yakni bulan puasa dan lebaran Idul Fitri.

"Sebenarnya kebutuhan tabung gas elpiji 3 Kg pascalebaran tidak mengalami masalah dan kami rutin suplai ke agen dan pangkalan jika ada permintaan stok," katanya. (skd)