Sabtu, 22 Juli 2017

Bupati Sigi Luncurkan Program Religi

id irwan
Bupati Sigi Luncurkan Program Religi
Bupati Sigi, Irwan Lapata (portalsulawesi.com)
Sigi,  (antarasulteng.com) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohammad Irwan Lapatta meluncurkan program Sigi Religi pada peringatan hari jadi ke-9 kabupaten ini di Lapangan sepak bola Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi Raya, Rabu siang.

"Sigi Religi merupakan pogram inovasi dalam kepemimpinan saya dan Wakil Bupati Paulina Martono, selama periode 2016-2021," kata Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta.

Peluncuran program Sigi Religi ditandai dengan penyerahan modul pendidikan agama kepada guru-guru agama Islam dan Kristen di beberapa kecamatan di kabupaten ini, yang disaksikan pejabat yang mewakili Gubernur Sulteng, Hidayat Lamakarate.

Bupati Irwan Lapatta mengatakan bahwa program inovasi Sigi Religi menjadi media dan instrumen untuk membangun karakter dan mencerdaskan generasi muda kabupaten ini.

Pemkab menggandeng dua organisasi keagamaan terbesar di Sulawesi Tengah yaitu PB.Alkhairaat dan Gereja Bala Keselamatan untuk maksimalisasi program tersebut.

"Kami telah menandatangani nota kesepahaman antara Pemkab Sigi dan Alkhairaat serta Gereja Bala Keselamatan sebagai representasi non-muslim," ujarnya.

Pemkab Sigi, kata dia, telah mengalokasikan dana masing-masing Rp1 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk dua organisasi keagamaan tersebut untuk penunjang kelancaran dan operasional pendidikan masing-masing agama di bawah program inovasi tersebut.

"Saya memberikan anggaran dalam jumlah yang sama. Kepada Bala Keselamatan Rp1 miliar dan Alkhairaat Rp1 miliar," ujar Irwan Lapata.

Terkait peringatan HUT ke-9 Kabupaten Sigi yang digelar di desa yang jauh dari ibu kota kabupaten itu, warga Kecamatan Kulawi Raya tampak antusias mengikuti jalannya upacara.

Sekretaris Kecamatan Kulawi Raya Tanwir Malihat mengemukakan bahwa masyarakat terlibat secara aktif mempersiapkan segala sesuatu sebelum hari pelaksanaan seperti membersihkan lapangan dan mengatur kursi serta mengikuti berbagai lomba untuk membangun persaudaraan dan silaturahmi.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta merasa bangga dengan peran masyarakat di kecamatan itu yang rela mengorbankan waktu dan tenaga serta berterima kasih kepada masyarakat yang membantu pemerintah dalam menjaga ketertiban, kenyamanan dan kebersamaan untuk kelancaran acara tersebut. (skd) 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga