Gedung Bersama 3 Pilar di Poso mulai dibangun

id Poso

Gedung Bersama 3 Pilar di Poso mulai dibangun

Foto bersama usai peletakkan batu pertama pembanguna Gedung Bersama 3 Pilar di Desa Trimulya Poso, Kamis (13/7) (Antarasulteng.com/Feri)

Gedung Tiga Pilar ini akan dipakai bersama oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa
Poso (Antarasulteng.com) – Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Muhammad Saleh Mustafa meletakan batu pertama pembangunan gedung Kantor Bersama 3 Pilar di Desa Trimulya, Kecamatan Poso Pesisir, Kamis. 

Acara tersebut dihadiri oleh pelaksana tugas Sekkab Poso Jakson Lakukua,  Kapolres Poso AKBP Bogiek, Dandim 1307 Poso Letkol  Inf. Dody Triyo Hadi, Pimpinan PT. Poso Energy II, Kepala Cabang BRI Poso, serta undangan lainya.   
 
Danrem dalam sambutanynya mengatakan dengan dibangunnya Kantor Bersama 3 Pilar tersebut diharapkan persoalan kemasyarakatan dapat diselesaikan di tingkat desa secara cepat dengan cara melakukan konsolidasi antara seluruh komponen masyarakat desa. 

Selain itu dapat mengaktifkan kembali deteksi dini dan cegah dini, mulai tingkat bawah hingga sinergitas dengan seluruh komponen baik itu Kepala Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta tokoh masyarakat.

Kantor Bersama 3 Pilar itu juga berguna untuk akselerasi pembangunan desa maupun sebagai sistem peringatan didi (early warning system), yaitu mendeteksi dan mengatasi persoalan terorisme dan radikalisme. 

Tempat ini juga dapat mencegah dan mengantisipasi adanya kegiatan melenceng yang dapat mengganggu stabilitas keamanan desa agar dapat sesegera mungkin diredam sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru. 
 
"Saya berharap keberadaan Kantor Bersama 3 Pilar ini memberikan manfaat maupun solusi bagi kesulitan rakyat di sekelilingnya, melalui berbagai terobosan inovatif yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat," ujar Danrem.
 
Sementara itu Plt. Sekkab Poso Jakson Lakukua menyampaikan apresiasi atas pembangunan Kantor Bersama 3 Pilar itu yang akan meningkatkan kerja sama dengan prinsip keterbukaan dan saling mempercayai. 

Jakson mengharapakn pembangunan kantor 3 pilar itu dapat terselesaikan secepatnya karena penting sekali peranannya dalam menjalankan program pembangunan sosial kemasyarakatan untuk meraih Piala Adipura.
 
"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh warga masyarakat Desa Trimulya yang selama ini masih tetap menjaga kehidupan  yang toleran dengan sesama masyarakat antarumat beragama sehingga situasi dan kondisi keamanan wilayah ini selalu kondusif," ujarnya.
 
Pembangunan Kantor Bersama 3 Pilar di DesaTrimulya itu merupakan salah satu program kerja Kodim 1307 Poso dalam mendukung program Presiden Joko Widodo yaitu membangun bangsa Indonesia yang mandiri dimulai dari Desa dan wilayah perbatasan. 

Kantor Bersama 3 Pilar merupakan kantor bersama pihak TNI yakni Babinsa, Polri oleh Polmas (Bhabinkamtibmas) dan Kepala Desa setempat yang bertujuan agar pelaporan masyarakat setempat secepatnya diterima langsung oleh 3 unsur serta direspon secepatnya oleh 3 unsur atau 3 pilar itu yang melakukan juga jaga saat itu.