BPJS Kesehatan Palu Beri Pendidikan Kesehatan

id bpjs

BPJS Kesehatan Palu Beri Pendidikan Kesehatan

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Palu melaksanakan kegiatan pendidikan kesehatan bagi anak usia dini agar mengetahui pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian hari ulang tahun ke-49 BPJS Kesehatan," kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Palu Sopo Ivandy Pangabean, di Palu, Rabu.

Dia menjelaskan kegiatan promotif preventif itu dilakukan serentak pada 13 sekolah dasar (SD) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia hari ini.

"Khusus di Sulawesi Tengah dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palu," katanya lagi.

Menurutnya, dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada anak-anak sekolah, diharapkan dapat menumbuhkan budaya pola hidup sehat sejak dini, sehingga terhindar dari penyakit di masa depan.

Cara hidup sehat yang dibudayakan, kata dia, dengan menunjukkan bahwa hanya dengan rajin menggosok gigi, cuci tangan, dan senam setiap hari telah dapat meningkatkan kebugaran dan sistem imun bagi tubuh, sehingga tidak mudah sakit.

"Pola hidup sehat sebenarnya cukup mudah dan murah," ujarnya.

Selain itu, dengan pola hidup sehat bersama BPJS Kesehatan diharapkan dapat menggugah pelajar untuk meningkatkan kepedulian, kerelaan membantu sesama, dan gotong royong dalam diri masing-masing.

Sopo juga mengingatkan peran serta seluruh masyarakat dan generasi muda dalam mengawal keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Indonesia sangat besar.

Peningkatan kesadaran generasi muda untuk berperilaku sehat sehari-hari, diharapkan ke depan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan kepada program promotif preventif yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat.

"Sangat penting bantuan dan peran serta pihak sekolah dan orang tua dalam membudayakan perilaku sehat dalam keluarga dan sekolah," ujar dia pula.

Menurutnya, usia sekolah adalah masa anak-anak meniru kebiasaan orang-orang sekitarnya, khususnya di lingkungan keluarga.

Secara nasional, sekolah yang dikunjungi dalam program tersebut di antaranya SDN 24 Kuta Alam Banda Aceh, SD 13 Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai, SDN 157 Kecamatan Kemuning Palembang, SDN Jatinegara Kaum 03 Pagi Jakarta Timur, SDN Dewi Sartika CBM Sukabumi, SD Negeri Pendowoharjo Sleman, SDN Banyuanyar 1 Kabupaten Sampang.

Kemudian, SDN 5 Menteng Palangkaraya, SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palu, SDN 1 Semarapura Tengah Klungkung, SD Inpres 18 Sorong, dan SDN Bulakan III Cilegon. (skd)