BMKG: Sulteng Beberapa Hari Hujan Lebat

id bmkg

BMKG: Sulteng Beberapa Hari Hujan Lebat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika - BMKG (istimewa)

Palu,  (antarasulteng.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat Sulawesi Tengah tetap berwaspada karena hujan lebat kini dan hingga beberapa hari mendatang masih mengguyur disertai dengan angin kencang.

"Curah hujan di Sulteng masih tinggi sehingga perlu mendapat perhatian masyarakat," kata Kepala BMKG Bandara Mutiara Palu, Kasiron, Rabu.

Ia mengatakan hampir seluruh wilayah di Sulteng, termasuk Kota Palu berpeluang besar diguyur hujan deras dan disertai angin kencang.

Palu termasuk daerah rawan banjir karena dialiri beberapa sungai kecial dan besar.

Meski tidak ada hujan, tetapi tiba-tiba sungainya bisa mendapat banjir kiriman ketika curah hujan dihulu meningkat. "Dan itu sudah sering terjadi," katanya.

Begitu pula di sejumlah daerah di Sulteng beberapa waktu lalu dilanda banjir dan tanah longsor. Karena itu, masyarakat harus lebih ekstra hati-hati menghadapi kondisi cuaca ekstrem.

Ia juga mengatakan perkembangan cuaca setiap hari dilaporkan BMKG kepada sejumlah instansi termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Dinas Pertanian di kabupaten/kota seluruh Sulteng.

Beberapa hari ini, kata Kasiron, hujan deras mengguyur hampir seluruh Sulteng, antara lain di Kabupaten Banggai, Poso, Tojo Unauna, Morowali, Buol, Tolitoli, Parigi Moutong, Donggala dan Sigi.

Saban hari dari pagi sampai malam hari, hujan turun disertai angin kencang dan petir.  (skd)