Jumat, 18 Agustus 2017

Stok Beras Di Tolitoli Sampai April 2018

id bulog
Stok Beras Di Tolitoli Sampai April 2018
Ilustrasi (antaranews)
Tolitoli, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Stok beras dikuasai Bulog dan tersebar di berbagai gudang di Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah dijamin cukup sampai dengan kebutuhan masyarakat pada April 2016.

"Kita sekarang ini masih memiliki stok beras di gudang sebanyak 2.534 ton," kata Kepala Sub Divisi Regional Bulog Kabupaten Tolitoli, Yusri Pakke melalui telepon dari Tolitoli, Kamis.

Ia mengatakan jika diperhitungkan dengan penyaluran setiap bulannya, maka dapat dipastikan stok beras tersebut mampu bertahan hingga sembilan bulan ke depan.

Beras yang ada di gudang Bulog tersebut, semuanya merupakan hasil pengadaan dari petani lokal.

Hingga kini, Sub Divre Bulog Tolitoli belum pernah mendatangkan beras dari luar, termasuk beras impor. "Semua beras yang telah disalurkan kepada masyarakat penerima jatah rastra (beras untuk keluarga sejahtera) di Kabupaten Tolitoli dan Buol merupakan hasil pengadaan lokal.

Sub Divre Bulog Tolitoli juga melayani kebutuhan penyaluran beras untuk Kabupaten tetangga yakni Buol.

Selain masih memiliki persediaan beras yang cukup memadai di gudang, pihaknya juga tetap gencar melalukan pembelian beras produksi petani di daerah itu.

Tolitoli selama ini merupakan salah satu daerah di Sulteng sebagai sentra produksi beras selain Kabupaten Banggai, Poso, Parigi Moutong, Donggaa dan Sigi.

Semua daerah penghasil beras di Sulteng, kata Yusri telah menandatangani kontra kerja pembelian beras bersama Bulog. Jadi sebagian produksi petani diharapkan dijual kepada Bulog untuk memenuhi kebutuhan stok beras nasional.

"Kalau tidak salah 10 persen dari total produksi petani dijual kepada Bulog untuk memenuhi target pengadaan beras stok nasional yang ditetapkan pada 2017 ini mencapai 35.000 ton se-Sulteng," kata Yusri. (skd) 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga