Jumat, 20 Oktober 2017

Terbang langsung Palu-Gorontalo dengan Wings Air mulai 27 Juli

id Wings
Terbang langsung Palu-Gorontalo dengan Wings Air mulai 27 Juli
Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Tengah Abdul Haris Renggah, SE (Antarasulteng.com/Istimewa)
Abdul Haris Renggah: rute baru ini akan mempermudah dan mempermurah akses masyarakat yang ingin mengunjungi tiga kota tersebut.
Palu (Antara Sulteng) - Maskapai penerbangan swasta nasional Wings Air (Lion Group) dalam waktu dekat akan membuka rute penerbangan baru Palu-Gorontalo serta Gorontalo-Tarakan untuk memperlancar akses barang dan jasa ke tiga kota penting tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah Abdul Haris Renggah, SE mengemukakan di Kota Palu, Selasa, rute penerbangan Palu-Gorontalo akan dimulai pada Kamis 27 Juli 2017 menggunakan pesawat jenis ATR 72-500/600.

Pesawat berpenumpang 72 orang itu akan terbang dari Gorontalo ke Palu setiap hari pada pukul 07.10 Wita dan akan terbang lagi ke Gorontalo pada 10 jam kemudian yakni pukul 17.00 Wita.

Sementara itu penerbangan rute Gorontalo-Tarakan dengan jenis pesawat yang sama akan dimulai pada 2 Agustus pukul 17.45 Wita dan Tarakan-Gorontalo pada 3 Agustus pukul 06.00 Wita, selanjutnya menjadi jadwal rutin setiap hari.

Haris Renggah, yang juga Penjabat Bupati Morowali Utara periode 2013-2015 itu menyebutkan bahwa dengan terbukanya dua rute penerbangan tersebut, masyarakat kini memiliki alternatif akses transportasi untuk mengunjungi ketiga kota dan mengembangkan perekonomian.

"Sebelumnya, masyarakat Palu yang akan ke Gorontalo harus transit di Makassar atau Luwuk, Kabupaten Banggai. Selain memerlukan waktu lama, juga harga tiket lebih mahal," ujar Haris yang pernah menduduki sejumlah jabatan Eselon II di Kabupaten Poso dan Provinsi Sulteng itu.

Demikian pula yang mau ke Tarakan, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara, harus transit di Balikpapan, Kaltim.

Mengenai harga tiket, data yang dikutip dari traveloka.com mencatat harga tiket Palu-Gorontalo Rp431.000/penumpang sedangkan Gorontalo-Tarakan Rp760.000/penumpang.

Bila seseorang terbang dari Palu ke Gorontalo melalui Makassar atau Luwuk, harga tiket bisa mencapai Rp1 juta/penumpang, begitu juga Palu-Tarakan melalui Balikpapan bisa mencapai Rp1,5 juta/penumpang.

Rute baru yang diterbangi Wings Air ini telah lama ditunggu-tunggu masyarakat karena antara masyarakat Palu-Gorontalo dan Tarakan selama ini memiliki hubungan perdagangan dan kekeluargaan yang erat.

Akses transportasi langsung Palu-Gorontalo selama ini hanya lewat darat menyusuri jalan trans Sulawesi di Pantai Timur dengan waktu tempuh sekitar 20 jam dan harga tiket bus sekitar Rp300.000/orang. 

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga