Mengapa saat gatal kulit butuh pelembab?

id kulit

Jakarta (antarasulteng.com) - Ahli kesehatan menyarankan Anda segera mengoleskan pelembab kala kulit mulai terasa gatal akibat kondisinya yang kering.

Bukannya tanpa alasan, pelembab bisa menutupi ujung saraf sehingga bisa mencegah Anda menggaruk. Saat menggaruk apalagi tak terkendali, bisa saja muncul masalah baru pada kulit.

"Mengapa setiap gatal kulit membutuhkan penutup? Karena bisa menutupi ujung saraf, cegah menggaruk. Setiap gatal beri kulit pelindung (pelembab) atauskin barrier artificial," ujar Spesialis Kulit dan Kelamin dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb Sp.KK (K) di Jakarta, Rabu.

Kemudian, saat mengoleskan pelembab sebagian orang menyarankan Anda untuk juga sedikit menggosok kulit menggunakan pelembab itu.

"Ada body lotion yang mengandung air, kalau yang mengandung air bisa mengalir dengan kekuatan air masuk ke lapisan kulit. Yang enggak punya air, harus dibantu dengan gerakan menggosok. Akan berminyak akhirnya, ada semacam cairan berminyak," kata Nurul.

Dia tak menganjurkan Anda mengoleskan pelembab di lokasi-lokasi tubuh yang memang sudah lembap karena bisa menimbulkan kondisi tak nyaman.

"Biasanya akan gerah. Mengeluarkan keringat engak bisa, akhirnya menjadi biang keringet. Bisa gatal akhirnya bisa infeksi. Pastinya enggak nyaman," pungkas Nurul. (skd)