BMKG: Sulteng Masih Dilanda Hujan

id bmkg

BMKG: Sulteng Masih Dilanda Hujan

Prakiraan cuaca Kota Palu (28/7) (http://www.bmkg.go.id)

Palu,  (antarasulteng.com) - Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Palu, Sulawesi Tengah, menyatakan bahwa wilayah provinsi itu masih dalam kondisi musim hujan.

"Curah hujan di beberapa wilayah di Sulteng hingga beberapa hari ke depan masih tinggi," kata Kepala Stasiun Meteorologi Bandara Mutiara Palu, Kasiron, Jumat.

Karena itu ia mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai fenomena alam yang memungkinkan adanya bencana banjir dan tanah longsor.

Berdasarkan foto satelit BMKG menunjukan di hampir seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng berpotensi besar diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Tidak hanya hujan, tetapi juga disertai angin kencang dan petir sehinngga perlu mendapat perhatian masyarakat.

Musim hujan di Sulteng, kata dia, tebilang berlangsung cukup panjang dan beberapa waktu lalu terjadi banjir besar di sejumlah daerah yang banyak menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan juga pemerintah.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, Bartholomeus Tandigala mengimbau masyarakat di sejumlah daerah yang selama ini rawan bencana alam untuk tetap waspada dan siaga.

Begitu pula jajaran BPBD di kabupaten/kota di Sulteng untuk tetap siaga dan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar ikut mengurangi resiko bencana dengan tidak lagi menembang pohon untuk kepentingan apapun.

Sebaliknya ia meminta masyarakat menjaga hutan dan menanam pohon di daerah aliran sungai (das) sebagai langkah untuk mencegah terjadinya bencana alam banjir dan tanah longsor sebagai akibat dari faktor alam dan juga ulah manusia yang merusak alam. (skd)