Bulog Jamin Stok Beras Di Sulteng Aman

id beras

Bulog Jamin Stok Beras Di Sulteng Aman

Beras (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Tengah menjamin stok beras di daerah itu hingga kini cukup aman, bahkan melebihi kebutuhan penyaluran.

"Kami setiap tahun menyiapkan stok melebihi kebutuhan penyaluran," kata Kepala Perum Bulog Sulteng, Suprianto di Palu, Minggu.

Ia mengatakan Bulog Sulteng menguasai stok dalam jumlah memadai dan semuanya merupakan hasil pengadaan lokal.

Stok yang ada sekarang ini sekitar 18.000 ton. Selain masih memiliki stok dalam jumlah besar, pihaknya juga gencar membeli beras petani.

Bulog Sulteng sampai saat ini telah merealisasi pembelian beras di daerah itu sekitar 46,27 persen dari rencana target pengadaan yang ditetapkan.

Sulteng tahun ini menargetkan pengadaan beras sebanyak 42.160 ton.

Sementara realisasi pengadaan untuk wilayah Poso sudah mencapai 3.284 ton, Banggai 24.005 ton, Tolitoli 2.683 ton dan Kota Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong 9.536 ton.

Pada semester II (Juli-Desember) 2017 ini, pihaknya, akan mengenjot pembelian untuk bisa memenuhi target pengadaan yang ditetapkan.

"Kami akan menurunkan satgas untuk membeli beras/gabah petani di setiap sentra produksi di enam kabupaten penghasil beras di provinsi ini," katanya.

Di Sulteng juga banyak pedagang dari luar yang membeli beras petani untuk dijual kembali di daerah asal mereka. Pedagang yang datang membeli beras di Sulteng berasal dari Sulut dan Gorontalo.

Mereka membeli diatas standar harga pembelian Bulog sehingga petani banyak menjual kepada pedagang luar. Harga beras di tingkat petani sekitar Rp8.000/kg.

Bulog membeli sesuai dengan harga pembelian pemerintah (HPP) sebesar Rp7.300/kg. (skd)