Wabub Poso bagi-bagi stiker 'Aku Cinta Indonesia'

id Poso

Wabub Poso bagi-bagi stiker 'Aku Cinta Indonesia'

Wabub Poso Toto Samsuri membagikan stiker Aku Cinta Indonesia kepada warga Kota Poso, Selasa (1/8) (Antarasulteng.com/Feri)

Wabub Poso Samsuri: semangat patriotisme bangsa harus terus digelorakan.
Poso (Antarasulteng.com) - Untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada seluruh masyarakat Kabupaten Poso, Kodim 1307 Poso yang didukung Pemkab Poso, menggelar gerakan Aku Cinta Indonesia.

Gerakan yang digagas Danrem 132/Tadulako Palu itu diawali dengan upacara di lapangan Sintuwu Maroso Poso dilanjutkan pembagian dan penempelan stiker Aku Cinta Indonesia pada kendaraan yang melintas di jalan raya.

Pembagian dan penempelan stiker itu dipimpin Wakil Bupati Poso Toto Samsuri dan Dandim 1307 Poso Letkol Inf Dody Trio Hadi.

Danrem 132/Tadulako Kolonel Muhammad Saleh Mustafa dalam sambutan tertulis yang dibacakan Dandim Poso menyampaikan kondisi bangsa saat ini dimana masih sering terjadi konflik sosial yang disinyalir karena kurangnya semangat nasionalisme dan telah mundurnya karakter jati diri bangsa. 

Melihat dan mencermati kondisi bangsa tersebut pemerintah mencanangkan program pendidikan karakter bangsa Indonesia, melalui pencanangan dan sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sebagai tindak lanjut dan implementasi empat pilar kebangsaan itu, saya selaku Danrem 132/Tadulako telah mengeluarkan perintah kepada seluruh jajaran Korem untuk melaksanakan langkah-langkah sistematis dan berkelanjutan sebagai pedoman pelaksanaan tugas sehari-hari dalam UU Republik Indonesia No.34 tahun 2004, tentang TNI," kata Danrem.


Sementara itu Wabup Samsuri dalam sambutannya mengatakan bahwa sehubungan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2017, semangat patriotisme anak bangsa kembali bergetar mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan tegaknya NKRI.

"Melalui momentum ini gerakan Aku Cinta Tanah Air ini, kita semua buktikan kecintaan kita terhadap Indonesia dengan sikap toleransi yang tinggi, saling menghargai sesama anak bangsa, gotong royong, berlaku adil menghormati demokrasi, serta memiliki dan menjaga sikap terpuji lainnya yang tercermin dalam nilai-nilai Pancasila serta menaati aturan aturan hukum yang sesuai dengan UUD 1945," ujarnya.

Usai upacara itu, sebelum melakukan pembagian stiker Aku Cinta Indonesia, Wabup Poso dan Dandim 1307 Poso serta Wakapolres Poso Kompol Gede serta undangan lainnya melakukan penyamatan PIN Aku Cinta NKRI dan penandatanganan spanduk sebagai tanda pencanangan gerakan Aku Cinta NKRI.