Ahmad Ali Perjuangkan Irigasi Untuk Pertanian Tolitoli

id nasdem

Ahmad Ali Perjuangkan Irigasi Untuk Pertanian Tolitoli

Anggota Komisi III DPR Ahmad M Ali meninjau bendungan irigasi yang rusak di terjang banjir bandang beberapa waktu lalu di Kabupaten Tolitoli (Hamdin/ Humas DPW Nasdem)

Tolitoli,  (Antarasulteng.com) - Anggota Komisi III DPR RI H Ahmad M Ali berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat agar membangun dan memperbaiki bendungan irigasi di Desa Tinigi, Kabupaten Tolitoli.

"Saya bukan anggota komisi yang membidangi infastruktur. Namun hal ini bukan berarti bahwa saya lepas tanggung jawab. Karena itu saya akan mengomunikasikan dengan kawan-kawan yang ada di komisi yang membidangi infastruktur dan internal Fraksi Nasdem di DPR-RI," katanya saat dihubungi terkait kunjungan masa resesnya di Tolitoli, Sabtu.

Ketua DPW Nasdem Sulteng ini melakukan kunjungan untuk menjaring aspirasi masyarakat di Kabupaten Tolitoli dengan menggelar pertemuan yang melibatkan para petani di daerah tersebut.

Ketua DPD Partai Nasdem Sulteng yang didampingi anggota DPRD Sulteng dari Nasdem Yahdi Basma dan pemerintah kecamatan dan Desa Tinigi, menyaksikan dari dekat kondisi bendungan irigasi pertanian.

"Bendungan irigasi itu rusak. Informasi dari warga kerusakan bendungan disebabkan bencana banjir yang menimpa Kabupaten Tolitoli beberapa waktu lalu," ujarnya.

Ia mengatakan berdasarkan informasi dari warga, Bendungan Tinigi dibangun tahun 2010 dengan dana APBN. Aliran air dari bendungan tersebut mampu mengairi sawah dengan luas fungsional 1.449 hektare dari luas baku 1.621 hektare.

Sementara itu Anggota DPRD Sulteng Yahdi Basma menyebut kerusakan bendungan irigasi terjadi akibat adanya kegiatan pengambilan material galian C di hilir sungai yang kemudian memberikan dampak terjadinya pergeseran material.

Dirinya mendesak Pemprov Sulteng untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pengelolaan sungai di Desa Tinigi, Kecamatan Galang.

"Perlu ada evaluasi pembangunan infastruktur sungai, sehingga tata kelola pemerintahan bersinergi dengan lingkungan," sebutnya.