Jumat, 18 Agustus 2017

Koperasi Bina Sejahtera Parimo raih penghargaan Presiden

id Parimo
Koperasi Bina Sejahtera Parimo raih penghargaan Presiden
Asisten Perekonomian Setprov Sulteng Bunga Elim Somba (kanan) menyerahkan piala sebagai Koperasi Terbaik 2017 kepada pengurus Koperasi Bisa Sejahtera Parimo di Parigi, Rabu (9/8) (Antarasulteng.com/Aan-Humas Pemkab Parimo)
Koperasi Bina Sejahtera Kabupaten Parimo mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai koperasi dengan pengelolaan terbaik Tahun 2017.
Parigi (Antarasulteng.com) - Kabupaten Parigi Moutong untuk kesekian kalinya menjadi tempat penyelenggaraan acara-acara pemerintahan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, dan pada Rabu (9/8) kembali menjadi tuan rumah Hari Koperasi ke-70.

Ketika memberikan sambutan yang dibacakan Asisten Perekonomian Setprov Bunga Elim Somba, Gubernur Longki Djanggola pada acara yang dihadiri Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai tersebut menyinggung soal peran koperasi di daerahnya yang belum maksimal apalagi memuaskan.

Gubernur menyebut bahwa di daerah ini tercatat sekitaar 2.000 koperasi, namun 600 di antaranya sudah tidak aktif lagi menjalankan kegiatannya karena berbagai kendala.

"Namun dengan keberadaan koperasi yang tersebar di semua kabupaten dan kota itu, ternyata belum ada yang mampu memberikan hasil yang sangat memuaskan jika dibandingkan dengan koperasi-koperasi yang berada di provinsi lainnya yang omzetnya bisa mencapai di atas Rp8 miliar setiap tahunnya. 

Akan tetapi, kata gubernur, hal yang patut disyukuri adalah bahwa Provinsi Sulawesi tengah baru-baru ini mendapat penghargaan koperasi berprestasi tingkat nasional dari Presiden RI melalui Kementerian Koperasi terkait dengan predikat baik dalam pengelolaan kelembagaan yakni Koperasi Bina Sejahtera asal Kabupaten Parigi Moutong.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Koperasi tingkat nasional di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 12 Juli 2017.

Gubernur Longki Djanggola yang mantan Bupati Parigi Moutong selama delapan tahun itu meminta jajaran Dinas Koperasi untuk lebih fokus membina koperasi sebagai soko guru ekonomi rakyat, terutama di pedesaan.

"Koperasi adalah cerminan dari perekonomian bangsa Indonesia yang dibangun dengan prinsip gotong royong sebagai penyokong perekonomian rakyat sehingga seluruh jajaran pemerintah daerah atau intansi tekhnis diharapkan terus mengevaluasi kinerja koperasi di daerah masing-masing," ujarnya.

Ketua Panitia penyelenggaraan HUT ke-70 Koperasi Jerry Budiman menyebutkan sebelum acara puncak ini digelar, pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan di antaranya jalan santai yang diikuti 2.000-an peserta guna menyosialisasikan peran dan keberadaan koperasi di Kabupaten Parigi Moutong dalam menyokong perekonomian masyarakat.

Sementara itu Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai mengaku bangga karena daerahnya kembali ditunjuk menjadi penyelenggara Hari Koperasi tingkat provinsi Sulteng karena hal ini mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan perekonomian daerah setempat. (Aan/Humas Pemkab Parimo)

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga