Youtube beri pelatihan anak-anak muda kreatif Surabaya

id youtube

Youtube beri pelatihan anak-anak muda kreatif Surabaya

YouTube (ANTARA News/ Arindra Meodia)

Jangan mudah menyerah, pelaku UKM harus terus belajar untuk mengenal lebih dalam bagaimana membangun usaha melalui digital
Surabaya (antarasulteng.com) - Youtube memberikan pelatihan kepada anak-anak muda kreatif dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) di koridor gedung Siola Kota Surabaya, Sabtu.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan melalui program "Creators for Change" yang diluncurkan Youtube, anak usaha Google, ia berharap bisa memunculkan kreator Youtube dari berbagai daerah di Indonesia sekaligus memperbanyak persebaran konten video positif.

"Saya berpesan agar anak-anak memanfaatkan pelatihan ini semaksimal mungkin. Sebab, ini tidak hanya menambah dan mengasah ilmu tetapi harus ada sesuatu yang lebih," katanya. 

Menurut dia, anak-anak muda yang ikut pelatihan tidak hanya menyalurkan hobi semata, tetapi diharapkan mampu menciptakan suatu karya yang kemudian menghasilkan uang. 

Hal ini, lanjut Risma, penting dilakukan anak-anak muda agar waktu, tenaga dan uang yang mereka luangkan tidak terbuang percuma. "Kalian harus melakukan ini, supaya ada hasilnya," ujarnya. 

Ia juga menyampaikan bahwa beberapa tahun ke depan, pesan dari sebuah gambar akan lebih kuat ketimbang tulisan. Sebab, menurutnya, gambar lebih memudahkan orang untuk memahami suatu peristiwa daripada kata-kata.

"Emosinya itu lebih dapat, bahkan bisa membuat orang menangis," ujarnya.

Selain itu, Risma juga memberi semangat kepada pelaku UKM yang mengikuti pelatihan bersama gapura digital. Pada kesempatan tersebut, dirinya mengingatkan kepada pelaku UKM yang mayoritas dihuni ibu-ibu untuk terus menginovasi produk-produknya. 

"Dunia teknologi semakin hari semakin maju, jika kita tidak mengikutinya maka sudah pasti kita akan tertinggal," ujarnya.

Oleh karenanya, dirinya berharap agar pelaku UKM mampu memanfaatkan wadah yang sudah tersedia bersama gapura digital. Karena dengan terus berlatih dan mengenal dunia digital, maka produk yang dihasilkan akan mengalami peningkatan dan bisa bersaing dengan pasar dunia lainnya.

"Jangan mudah menyerah, pelaku UKM harus terus belajar untuk mengenal lebih dalam bagaimana membangun usaha melalui digital," ujarnya.(skd)