DP3A Sulteng Monitoring Peran Satgas Perlindungan Anak

id dp3a

DP3A Sulteng Monitoring Peran Satgas Perlindungan Anak

Kepala DP3A Sulteng Norma Mardjanu melakukan monitoring dan evaluasi peran dan fungsi satgas perlindungan anak di kabupaten dan kota se-Sulteng. (Ist)

Kolonodale,  (Antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melakukan monitoring dan evaluasi keberadaan satuan tugas perlindungan anak di kabupaten dan kota se-provinsi tersebut.

Kepala DP3A Sulteng Norma Mardjanu saat dihubungi di Morowali Utara, Senin, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi ia menemukan bahwa sumber daya manusia satgas perlindungan anak di tingkat kabupaten/kota masih sangat lemah.

"Iya, monitoring ini bertujuan untuk membangun dan memaksimalkan peran dan fungsi satgas perlindungan anak," ungkap Norma Mardjanu.

Ia mengemukakan perlu adanya penguatan kelembagaan untuk memaksimalkan fungsi satgas perlindungan anak di kabupaten dan kota.

Kata Norma Mardjanu hampir semua kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah telah terbentuk satgas perlindungan anak.

Dari situ, sebut dia, sebagian satgas perlindungan anak telah memberikan peran yang maksimal dalam upaya perlindungan anak di daerah.

Seperi Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, dan Poso, yang telah memiliki posko-posko pengaduan sampai di tingkat desa dan kelurahan.

"Monitong dan evaluasi yang kami lakukan menemukan bahwa sebagian satgas di daerah belum berperan maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor," ujarnya.

Salah satu faktor yang mempengaruhi lambatnya peran dan fungsi satgas yaitu minimnya sumber daya manusia sehingga perlu peningkatan SDM, ujarnya.

Pada sisi lain, sebagian satgas perlindungan anak belum menerapkan Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni).

"Keterbatasan daya dukung seperti infastruktur dan sarana, serta sumber daya manusia menjadi kendala utama dalam upaya pemaksimalan fungsi satgas perlindungan anak," urainya.

Ia mengakui telah melakukan monitong di lima daerah meliputi Kota Palu, Parigi Moutong, Poso, Morowai Utara, Sigi, dan lanjut ke daerah lainnya seperti Banggai, Banggai Laut, Morowali, Tolitoli, Buol, Donggala, Banggai Kepulauan.