Menristekdikti minta perguruan tinggi harus kembangkan potensi lokal

id nasir

Menristekdikti minta perguruan tinggi harus kembangkan potensi lokal

Menristek dikti resmikan Unhas sebagai PTNBH ( ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (antarasulteng.com) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan perguruan tinggi harus dapat mengembangkan potensi lokal. 

"Perguruan tinggi harus dapat mengembangkan potensi yang terdapat di masing-masing daerahnya agar menjadi sebuah inovasi yang bisa meningkatkan nilai Indonesia dikancah internasional," ujar Menristekdikti di Jakarta, Selasa. 

Dia menjelaskan di negara maju pendidikan tinggi berperan dalam membangun ekonomi yang kompetitif secara global dengan mengembangkan lulusan yang terampil dan produktif serta menciptakan,menerapkan dan menyebarkan gagasan dan inovasi baru. 

Dia melanjutkan, di Indonesia para mahasiswa yang baru saja menyelesaikan pendidikan tinggi terkadang terbentur dengan pembekalan ilmu yang tidak seimbang dengan permintaan industri. Menristekdikti berpesan kepada pemimpin perguruan tinggi untuk memberi pembekalan yang cukup pada mahasiswa didikannya.

"Perguruan tinggi harus mampu membekali lulusannya dengan keahlian yang terstandar, gigih dalam bekerja, penuh integritas dan pantang menyerah serta sesuai dengan kebutuhan dan fleksibel," ucap Nasir.

Dia juga berharap perguruan tinggi mampu meningkatkan inovasinya dalam memanfaatkan kearifan lokal hingga menjadi produk unggul yang hanya ada di Indonesia. 

Selain itu, perguruan tinggi bisa mempublikasikan hasil penelitian yang mereka lakukan, dan mengkomersialisasikan hasil riset dan inovasi untuk didistribusikan ke masyarakat Indonesia. 

"Suatu penelitian akan menjadi hal yang sia-sia jika masyarakat tidak bisa merasakan manfaatnya," cetus dia. (skd)