Presiden Jokowi "endorser" utama Karnaval pesona parahyangan

id karnaval

Presiden Jokowi "endorser" utama Karnaval pesona parahyangan

Penampil mementaskan Tari Merak di sela acara konferensi pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, di Jakarta, Selasa (22/8/2017). Karnaval yang digelar guna menyemarakkan Hut ke-72 RI tersebut akan digelar di Bandung pada 26 Agustus 2017 dengan melibatkan 1.200 peserta. ( ANTARA FOTO/Akbar

Jakarta (antarasulteng.com) - Presiden Joko Widodo akan menjadi pendukung atauendorser dan daya tarik utama dalam acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) nanti dalam Karnaval Kemerdekaan HUT ke-72 Republik Indonesia di Kota Bandung, Jawa Barat menjadi kabar baik bagi seluruh elemen masyarakat.

"Presiden akan menjadi endorser utama acara ini sekaligus semakin mempromosikan Kota Bandung dan sekitarnya sebagai destinasi wisata menarik," katanya.

Menurut dia, pesta rakyat bertajuk "Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017" yang mengangkat tema "Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama" itu akan menjadikan Bandung semakin populer.

Adapun kurator-kurator yang berpartisipasi untuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 yaitu Aat Suratin, Dynan Fariz, dan Heru Mataya. Mereka berkolaborasi untuk menampilkan beragam ekspresi budaya dari seluruh Nusantara.

Ketua Tim Kurator Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 Aat Suratin mengatakan bahwa karnaval ini menunjukkan aspek gotong royong. 

Panitia melibatkan penyelenggara karnaval-karnaval terkenal lainnya di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

"Kami juga akan menampilkan beberapa komunitas adat yang ada di Jawa Barat. Yang kita data itu ada 20 adat. Nanti ketua adat akan berembug untuk menampilkan satu penampilan," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan karnaval ini membawa pesan kebhinekaan. 

Ia mengatakan Pemkot Bandung sudah memulai bersiap untuk menyambut acara Karnaval Kemerdekaan.

"Saya meyakini hari Sabtu akan sangat viral dan heboh. Kami pemerintah kota mendukung. Kami akan bersolek mulai besok di rute yang terpilih. Nanti tidak hanya manusia yang arak-arakan, tapi hewan juga. Jangan heran nanti kalau ada rombongan bukan manusia lewat," ujar Ridwan Kamil.

Adapun rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan panjang lintasan karnaval 2,2 km. 

Rute karnaval mengambil start dari Simpang Lima menuju Hotel Savoy Homann, Gedung Merdeka, dan finish di Alun-Alun Kota Bandung.

Karnaval kemerdekaan kali ini juga akan diramaikan Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi di Indonesia.

Karnaval sekaligus akan melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia Van Bandung, Pemain Engrang Jack Obin, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Parahyangan, Atlet Sepatu Roda KONI Bandung, dan Komunitas Cosplay Bandung.

Karnaval ini melanjutkan tradisi penutup puncak perayaan bulan kemerdekaan dengan dengan karnaval rakyat yang rutin diadakan sejak 2015. 

Pada 2015, perayaan kemerdekaan bertajuk "Karnaval Khatulistiwa" diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat. 

Pada 2016 dilanjutkan dengan "Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Parapat dan Balige, Sumatera Utara.(skd)