Google luncurkan sistem AR

id android

San Francisco (antarasulteng.com) - Alphabet Inc Google baru saja membuat perangkat untuk membuat aplikasi augmented reality (AR) di perangkat Android.

AR berbasis ponsel ini meledak bersamaan dengan popularitas gim Pokemon GO, objek digital ditampilkan di dunia nyata melalui ponsel.

Google akan mencoba teknologi tersebut perdana untuk Samsung Galaxy S8 dan Pixel, seperti dilansir dari laman Reuters.

Melalui unggahan blog, mereka akan membuat sistem yang disebut  ARCore itu akan tersedia untuk 100 juta pengguna, namun, tidak menyatakan kapan akan diluncurkan.

Apple pada Juni lalu meluncurkan sistem serupa bernama ARKit yang direncanakan akan hadir musim panas ini di perangkat mereka.

Para pelaku industri teknologi telah bereksperimen dengan AR seperti Google dan Microsoft Corp yang telah membuat kacamata AR.

Google pernah membuat sistem AR bernama Tango yang menggunakan sensor khusus, namun, hanya dua produsen ponsel yang dapat mendukung teknologi tersebut.

Google perlu meneliti lebih dalam keragaman kamera maupun fitur lainnya di Android, diluar Galaxy S8 dan Pixel agar dapat memakai sistem AR buatan mereka.

Apple lebih kuat dalam hal ini karena mereka mengetahui perangkat keras dan lunak apa yang ada di iPhone dan mengkalibrasinya. (skd)


Penerjemah: Natisha Andarningtyas


Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar