80 Peserta Asal Sulteng Ikut Seleksi JPI

id JPI, PEMUDA,

80 Peserta Asal Sulteng Ikut Seleksi JPI

SELEKSI JAMBORE PEMUDA INDONESIA Para pemuda asal Sulawesi Tengah yang mengikuti tes wawancara dalam seleksi calon peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) pada 15 s/s 22 November 2017. Tes tersebut diikuti lebih dari 80 peserta se Sulawesi Tengah di Palu, Rabu (30/8).(Foto:Antarasulteng/Ridwan)

"Kita ingin pemuda yang direkomendasikan mengikuti kegiatan ini memiliki integritas. Sehingga tahapan seleksi wadah yang tepat untuk mencari pemuda-pemuda yang berkarakter yang mampu menjaga nama maik daerah,"
Palu (antarasulteng.com) - Lebih dari 80 pemuda di Sulawesi Tengah, Rabu, mengikuti seleksi calon peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) pada 15 s/s 22 November 2017 di Kabupaten Sawalunto, Sumatra Barat.

"Dari 80 orang itu hanya 13 orang yang akan diterima," kata Kepala Bidang Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Tengah, Andi Rifai di Palu, Rabu.

Rifai yang juga tim seleksi tersebut mengatakan, tahapan seleksi calon peserta JPI semakin diperketat guna menghasilkan pemuda-pemuda berkompeten baik dari segi kecerdasan, kreatifitas, loyalitas hingga kemampuan di bidang lain untuk membawa nama Sulteng di kanca nasional.

Tahun ini juga, banyak pemuda antusias mengikuti tahapan seleksi, terbukti jumlah calon peserta yang mengikuti seleksi membludak dibanding tahun sebelumnya, dibawah jumlah yang ada saat ini.

"Kita ingin pemuda yang direkomendasikan mengikuti kegiatan ini memiliki integritas. Sehingga tahapan seleksi wadah yang tepat untuk mencari pemuda-pemuda yang berkarakter yang mampu menjaga nama maik daerah," ujarnya.

Dia menjelaskan, tidak menutup kemungkinan dari 13 orang peserta lulus seleksi nanti jumlahnya bisa bertambah, jika pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga melakukan perubahan skema dan ini pun akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran di kementerian tersebut.

"Kami upayakan seleksi calon peserta selesai hari ini juga," katanya.

Ia menekankan, kedisplinan merupakan hal terpenting. Olehnya, tim seleksi perlu melakukan penilaian tertentu yang tidak terlepas dari sikap independen terhadap setiap calon peserta.

Adapun timsel calon peserta JPI berjumlah lima oranng, masing-masing dari Dispora, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), Purna Prakarya Mudah Indonesia (PPMI) Sulteng dan Kemenpora.

Setelah calon peserta dinyatakan lulus mengikuti tahapan seleksi, selanjutnya mereka akan mengikuti tahapan pembobotan yang dikoordinir langsung Dispora Sulteng melalui PPMI sebagai organisasi purna JPI dan BPAP.

Organisasi ini, dibawah naungan Dispora masing-masing daerah berdasarkan peraturan pemerintah.***