Rabu, 20 September 2017

Masyarakat Adat Pamona Gelar Musda Amanda

id Adat, Pamona
Masyarakat Adat Pamona Gelar Musda Amanda
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu memukul gong tanda dibukanya Musda ke-II Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Daerah (Amanda) Pamona Poso 2017, di Desa Taripa, Kecamatan Pamona Timur, Rabu (30/8).(Foto:Antarasulteng/Fery)
"Lewat kearifan lokal atau adat yang masih kental di tanah Poso itu, dapat menjadi filter terhadap masuknya hal-hal negativ yang dapat merusak tatanan moral masyarakat di Bumi Sintuwu Maroso,"
Poso (antarasulteng.com ) - Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu membuka Musyawarah Daerah ke- II Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Daerah (Amanda) Pamona Poso 2017, di Desa Taripa, Kecamatan Pamona Timur, Rabu.

Darmin Sigilipu, mengapresiasi masyarakat adat Pamona yang senantiasa menjaga dan memelihara kelestarian adat dan budaya leluhur Pamona Poso. 

"Lewat kearifan lokal atau adat yang masih kental di tanah Poso itu, dapat menjadi filter terhadap masuknya hal-hal negativ yang dapat merusak tatanan moral masyarakat di Bumi Sintuwu Maroso," kata Darmin.

Dia mengatakan, pemerintah daerah mendukung kegiatan tersebut sebagai ruang komunikasi antara pemangku adat dalam merumuskan program kerja yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat daerah Sintuwu Maroso. 
Dengan demikian dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam pembangunan, pemerintahan dan pelayanan sosial kemasyarakatan. 

Ketua Persekutuan Perempuan Adat Pamona, dalam sambutannya  mengajak kepada seluruh masyarakat adat Pamona agar menyatukan semua potensi yang ada. 

Selain itu mengaplikasikan budaya Mosintuwu yang merupakan warisan leluhur tanah Poso, serta mendukung dan menopang pemerintah daerah dalam melaksanakan program-program pembangunan di Bumi Sintuwu Maroso. 

Selain membuka acara tersebut, Bupati Poso juga melantik sejumlah Pengurus Harian Daerah dan Pengurus Dewan Pamona periode 2017- 2023. 

Kegiatan itu, dihadiri Ketua Wilayah Aliansi Masyarakat Adat Rizal Mahfud, Ketua Lembaga Adat Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, Ketua Pengurus Daerah Amanda Pamona, Ketua Persekutuan Perempuan Adat Pamona, Unsur Tripika Kecamatan, tokoh-tokoh agama serta tokoh-tokoh masyarakat dan peserta Musda.***

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga