Sabtu, 23 September 2017

Petahana Serahkan Berkas Calon Rektor Ke Senat

id iain
Petahana Serahkan Berkas Calon Rektor Ke Senat
Rektor IAIN Palu Prof Dr H Zainal Abidin MAg menyampaikan sambutan pada rapat senat penyerahan berkas calon rektor dari rektor kepada Ketua Senat Dr Sofyan Bachmid di Auditorium IAIN Palu, Selasa (5/9) sore (Ist)
Palu, (Antarasulteng.com) - Rektor petahana Prof Dr H Zainal Abidin MAg menyerahkan berkas lima calon rektor kepada Ketua Senat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Dr Sofyan Bachmid, untuk diproses lebih lanjut.

"Dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim, berkas calon Rektor IAIN Palu periode 2017-2021 saya serahkan," ungkap Prof Zainal Abidin MAg saat menyerahkan berkas hasil seleksi administrasi panitia penjaringan calon Rektor IAIN Palu, Selasa sore.

Penyerahan berkas lima calon rektor IAIN Palu berlangsung di auditorium perguruan tinggi Islam negeri tersebut, disaksikan oleh hampir keseluruhan anggota senat, pegawai administrasi, pejabat struktural dan dosen dilingkungan perguruan tinggi tersebut.

Panitia penjaringan telah menyerahkan berkas lima nama calon kepada Rektor IAIN Palu Prof Dr H Zainal Abidin MAg akhir bulan Agustus kemarin.

Lima nama yang dinyatakan lulus sebagai calon Rektor IAIN Palu yaitu Dr Lukman Thahir MA, Prof Dr H Zainal Abidin MAg, Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd, Dr Adam, Dr Nasaruddin MAg.

"Lima nama tersebut menandakan bahwa IAIN Palu memiliki banyak sumber daya manusia yang baik dan bisa diandalkan," ujar Zainal.

Prof Zainal Abidin meyakini bahwa panitia penjaringan telah melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik serta transparan kepada publik utamanya civitas akademika.

Ia berharap berkas administrasi hasil seleksi tidak lagi di seleksi oleh Kementerian Agama RI lewat komisi yang dibentuk oleh kementerian tersebut.

"Saya berharap hasil seleksi berkas yang dilaksanakan oleh panitia penjaringan dan senat tidak lagi diproses oleh Kementerian Agama," katanya.

Lanjut dia mengatakan setelah senat melakukan tahapan proses, maka selanjutnya senat akan menyerahkan kembali berkas calon kepada rektor untuk diserahkan kepada Menteri Agama RI di Jakarta.

Prof Dr H Zainal Abidin MAg merupakan alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Datokarama Palu yang saat ini telah beralih status menjadi IAIN Palu.

Kepemimpinannya sebagai Ketua STAIN telah mampu membawa perguruan tinggi tersebut beralih status menjadi IAIN Palu tahun 2013, lewat peraturan presiden yang saat itu di tandatangi oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Atas keberhasilan itu, pakar Pemkiran Islam Modern ini ditunjuk oleh Menteri Agama sebagai rektor IAIN Palu periode 2013-2017.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga