Timnas U-19 taklukkan Myanmar 2-1 Piala AFF

id u19

Timnas U-19 taklukkan Myanmar 2-1 Piala AFF

Pemain U19 mengalahkan Myanmar dengan skor 2-1, selasa malam (5/9) (youtube.com)

Jakarta (antarasulteng.com) - Tim nasional U-19 Indonesia menaklukkan Myanmar dengan skor 2-1 pada laga perdananya di Grup B Piala AFF U-18 2017, Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.

Dipantau dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Jakarta, Selasa, dalam partai yang juga disiarkan melalui stasiun televisi swasta ini Indonesia sebenarnya tertinggal terlebih dahulu dari Myanmar di babak pertama sebelum membalikkan keadaan dengan dua gol di paruh kedua laga.

Adapun gol dari Myanmar dicetak oleh gelandang Myat Kaung Khant pada menit ke-27. Sementara Indonesia membalas melalui dua gol dari Egy Maulana Vikri masing-masing di menit ke-72 dan 90+2.

Dalam laga tersebut, tim nasional U-19 Indonesia tampil menekan dan menguasai laga sejak peluit tanda mulainya laga ditiup oleh wasit Mohammad Zamzaidi Katimin asal Malaysia.

Namun, anak-anak asuh Indra Sjafri kecolongan di menit ke-27 setelah Myanmar mencetak gol Myat Kaung Khant melalui serangan balik. Skor 1-0 untuk keunggulan Myanmar.

Di babak kedua, Indra Sjafri memasukkan Samuel Christianson Simanjuntak, Asnawi Mangkualam dan Syahrin Abimanyu untuk menambah daya gedor. 

Hasilnya, setelah terus mengepung barisan pertahanan Myanmar, Indonesia membuat gol penyama kedudukan 1-1 pada menit ke-71 melalui sundulan Egy Maulana Vikri. 

Gol itu berawal dari umpan silang Rifad Marasabessy yang membentur mistar gawang Myanmar. Bola memantul dan mengarah tepat ke hadapan Egy yang sigap menyundul bola masuk ke gawang.

Peristiwa tersebut membakar semangat timnas U-19 yang berjuluk Garuda Nusantara. Usaha menaklukkan tuan rumah Myanmar pun akhirnya terwujud pada menit ke-90+2 setelah Egy, yang menggiring bola dari sisi kanan serangan Indonesia, sukses melesakkan bola ke gawang dengan kaki kirinya.

Skor 2-1 bertahan hingga pertandingan usai. Hasil itu membuat Indonesia memperoleh tiga poin dan untuk sementara berada di posisi kedua Grup B Piala AFF U-18, di bawah peringkat pertama Brunei Darussalam yang menaklukkan Filipina dengan skor 3-2. 

Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Filipina pada Kamis (7/9) mulai pukul 18.30 WIB.  (skd)