Sulteng Siapkan Atlet Dayung Di Asian Games

id yunan

 Sulteng Siapkan Atlet Dayung Di Asian Games

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Tengah Yunan Lampasio (fb)

Palu, (antarasulteng.com) - Sulawesi Tengah mempersiapkan seorang atlet dayung binaan PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar) Sulawesi Tengah, Rio, untuk berlaga di Asian Games 2018.

"Pedayung andalan Sulteng itu, sejak beberapa tahun ini menjalani latihan bersama sejumlah atlet nasional dari daerah lainnya di pelatnas," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng, Yunan Lampasio di raker KONI yang berlangsung di Palu, Sabtu.

Rio terpilih sebagai salah satu atlet daerah yang dipersiapkan mewakili tim "Merah Putih" di Asian Games dimana Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaran kegiatan itu.

Selain membina cabang olahraga dayung, PPLP juga membina atlet cabang sepak takraw,pencak silat dan tinju.

Sejumlah atlet yang menjalani pembinaan di PPLP rata-rata menjadi atlet nasional dan telah mengharumkan nama daerah dan juga Indonesia di berbagai kejuaraan nasional maupun internasional.

Selain PPLP, juga ada di Sulteng PPLP-D dan SKO yang membina atlet-atlet berbakat dan potensial untuk menjadi aset daerah bahkan nasional.

PPLP di Sulteng sudah ada sejak 2011 dan telah banyak melahirkan atlet nasional.

Yunan mengatakan sistem perekrutan atlet PPLP dilakukan secara sederhana yakni melihat bakat dan postur tubuh. "Tidak asal rekrut," kata dia.

Dengan demikian, atlet yang menjalani pembinaan di PPLP, termasuk pula dilakukan oleh PPLP-D dan SKO benar-benar sesuai dengan bakat, potensi dan postur tubuh standar minimal.

Baik PPLP, PPLD dan SKO di Sulteng terus berupaya untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama daerahnya dan Indonesia di berbagai "event", termasuk di Sea Games, Asian Games dan kejuaraan dunia.  (skd)