Sabtu, 23 September 2017

Dunia Islam puji rencana rencana PBB bantu pengungsi Rohingya

id rohingya
Dunia Islam puji rencana rencana PBB bantu pengungsi Rohingya
Pengungsi Rohingya berjalan melalui air setelah menyebrangi perbatasan menggunakan perahu di Sungai Naf, Teknaf, Bangladesh, Kamis (7/9/2017). ( REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)
Kairo (antarasulteng.com) - Banyak negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam memuji rencana Perserikatan Bangsa-bangsa untuk memberikan bantuan bagi 300.000 Muslim Rohingya yang lari menyelamatkan diri dari Myanmar ke Bangladesh, menurut laporan media setempat, Sabtu.

PBB dan mitra-mitranya telah membuat rencana untuk menyediakan bantuan bagi sekitar 300.000 Muslim Rohingnya berupa makanan, tenda, air bersih, layanan kesehatan dan berbagai bantuan lainnya sampai akhir tahun ini, kata kantor berita MENA dalam laporannya. 

Badan-badan PBB sudah memiliki tim di Coxs Bazar, tempat para warga Muslim Rohingya tiba. Dana sebesar tujuh juta dolar AS yang dikeluarkan dari pundi darurat PBB akan memungkinkan PBB dan mitra-mitranya membantu mereka yang membutuhkan pertolongan. 

Laporan itu menambahkan bahwa Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mendesak pemerintah Myanmar untuk mengakhiri "lingkaran kekerasan yang kejam" serta segera menarik kebijakan lamanya dan memberi para warga Muslim Rohingnya kewarganegaraan atau status hukum, demikian Xinhua melaporkan.  (skd)

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga