Koni Sulteng Kini Miliki 46 Cabang Olahraga

id koni, edison

Kepala Sekretariat KONI Sulteng, Edison Ardiles (Foto/Antara.Anas Massa)

Setelah selesai Porprov, Sulteng akan menghadapi Prakualifikasi PON XX dan berbagai kejurnas cabang olahraga.
Palu, (antarasulteng.com) - KONI Sulawesi Tengah saat ini sudah memiliki sebanyak 46 cabang olahraga dan tujuh diantaranya punya catatan prestasi cukup bagus di tingkat nasional maupun internasional.

Ketua Umum KONI Sulteng melalui Kepala Sekretariat, Edison Ardiles mengatakan, cabang prestasi sekitar 40 dan profesional enam, termasuk diantaranya adalah Seksi Olahraga Wartawan Indonesia (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia, katanya di Palu, Senin.

Dari 46 cabang yang tercatat di KONI, ada tujuh yang selama beberapa tahun ini mengukir prestasi cemerlang baik di kejurnas, PON maupun kejuaraan internasional.

Cabang-cabang tersebut adalah dayung, sepaktakraw putri, tinju, karate, kempo, pencaksilat dan binaraga.

Edison menambahkan ketujuh cabang dimaksud telah ditetapkan KONI dalam rapat kerja (raker) KONI yang berlangsung di Palu 8-9 September 2017 sebagai cabang prioritas utama dalam pembinaan dan peningkatan prestasi ke depan.

Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele, kata dia, meminta kepada pengurus dan pelatih tujuh cabang prioritas untuk mengenjot prestasi atletnya masing-masing.

KONI bersama pengurus cabang olahraga di kabupaten/kota di Sulteng agar mulai mendata dan mempersiapkan atlet terbaiknya untuk menjalani latihan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) se-Sulteng yang dijadwalkan berlangsung di Kabupaten Parigi Moutong 2018.

Setelah selesai Porprov, Sulteng akan menghadapi Prakualifikasi PON XX dan berbagai kejurnas cabang olahraga.

Semua atlet yang berprestasi di Porprov dan kejurnas akan dipseriapkan untuk mengikuti Pra-PON. "Tetapi mereka tetap akan menjalani seleksi sebelum berlaga di Prakualifikasi PON nanti," kata Edison.

Karena itu, sangat berharap kepada masing-masing cabang untuk melakukan pembinaan secara maksimal guna meraih hasil maksimal pula di berbagai iven baik lokal, regional hingga tingkat nasional, bahkan internasional.

KONI Sulteng telah menetapkan program Sulteng Maju Menuju PON XX Papua 2020.
Pewarta :
Editor: Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar