UI kampus penghasil lulusan terbaik di Indonesia

id ui

UI kampus penghasil lulusan terbaik di Indonesia

Universitas Indonesia (wikipedia.org)

Idealnya Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab utama adalah membentuk Sumber Daya Manusia berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global
Depok (antarasulteng.com) - Universitas Indonesia (UI) dinobatkan menjadi Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia di dalam mencetak Lulusan Siap Kerja Terbaik sesuai dengan pemeringkatan yang dirilis oleh Quacquarelli Symonds (QS) Graduate Employability Rankings 2018. 

Rektor UI Muhammad Anis di Depok, Rabu, mengatakan dalam perspektif sejarah, UI telah tumbuh secara progresif dan mencetak lulusan yang mengarah menjadi pemimpin di bidang kemanusiaan, kesehatan, sains dan teknologi dan peradaban dengan menyeimbangkan nilai-nilai akademis, moralitas dan seni. 

"Idealnya Perguruan Tinggi memiliki tanggung jawab utama adalah membentuk Sumber Daya Manusia berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global," katanya.

Dalam pemeringkatan tersebut, UI berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia serta berhasil meraih peringkat 251+ dunia atas keberhasilan UI menghasilkan sumber daya manusia kompeten dan kompetitif serta berdaya saing unggul di dunia kerja.

Ia mengatakan melalui pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings ini maka dapat membantu Perguruan Tinggi di dalam mengejar komitmennya melalui pemenuhan indikator-indikator Graduate Employability Rankings. 

Pemeringkatan ini, katanya, sangat baik di dalam mendukung langkah perguruan tinggi agar tidak hanya mengandalkan reputasi semata melainkan juga berkomitmen dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global.

Sejumlah kekuatan UI ada pada indikator Alumni Outcomes serta Employer Reputation. Lulusan UI dinilai paling kompeten, inovatif dan efektif di dunia kerja. 

Demikian pula sebagai Perguruan Tinggi dengan reputasi terbaik, UI berkomitmen untuk mencetak Sumber Daya Manusia yang unggul ketika lulus dari UI. 

Dengan demikian ketika usai mengenyam pendidikan di UI, para alumni mampu menjadi pribadi yang sukses di berbagai role yang ia jalani di tengah masyarakat.

QS Graduate Employability Rankings 2018 merilis pemeringkatan atas institusi pendidikan di dunia yang didasarkan atas pemenuhan lima indikator performa yaitu Reputasi Perguruan Tinggi di mata Perusahaan (employer reputation), Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Perusahaan (partnerships with employers).

Selain itu juga Network yang terjalin antara perusahaan dengan mahasiswa (Employer Student Connections) ; Daya serap lulusan di dunia kerja (Graduate Employment Rate) dan Tingkat Keberhasilan Alumni (alumni outcomes). 

Pada tahun ini, QS Graduate Employability Rankings mengevaluasi 600 institusi Perguruan Tinggi di dunia dengan melibatkan survei terhadap 130.000 perusahaan yang terkoneksi dengan Perguruan Tinggi. (skd)