Pedangang Di Palu Bangun Kembali Lapak Jualan

id masomba

Pedangang Di Palu Bangun Kembali Lapak Jualan

PASCAKEBAKARAN MASOMBA Sejumlah pedagang mencari sisa barang dagangan pascakebakaran yang melanda lapak mereka di Pasar Tradisional Masomba, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (9/8). Kebakaran yang terjadi pada Selasa (8/8) mengakibatkan sedikitnya 300 lapak terbakar. Kebakaran diduga terjadi akibat arus p

Palu,  (antarasulteng.com) - Para pedagang korban kebakaran di kawasan Pasar Induk Tradisional (PIT) Masomba Palu, Sulawesi Tengah, kini mulai kembali membangun lapak jualan mereka yang ludes dilalap api beberapa waktu lalu.

Pantauan ANTARA, Minggu beberapa pedagang sudah kembali membangun tempat dagangan yang terbakar di kawasan itu.

"Kami harus cepat membangun kembali agar bisa berjualan lagi," kata Anie, salah seorang korban kebakaran pasar Masomba Palu.

Ia mengatakan untuk membangun kembali lapak yang habis terbakar tersebut membutuhkan dana yang cukup besar.

Ia enggan mengungkapkan biayanya, kecuali mengatakan dana pembangunan lapak merupakan modal sendiri.

"Ya untung masih ada modal sehingga bisa membangun kembali lapak jualan," kata Anie.

Pada pekan lalu, personil dari TNI membersihkan sisa-sisa kebakaran di lokasi Pasar Masomba Palu dan menata kembali jalan masuk ke dalam pasar.

Mereka juga ikut mambantu para buruh bangunan yang membangun lapak di kawasan pusat perbelanjaan terbesar kedua di Ibu Kota Provinsi Sulteng itu.

Pasar Masomba Palu pertama kali terbakar pada 8 Agustus 2017 mengakibatkan ratusan pedagang kehilangan tempat dagangan dan juga barang/bahan jualan karena dilalap si jago merah yang beraksi di malam hari.

Pasar yang terletak di bagian belakang Mall Ramayana Tatura Palu tersebut kembali terbakar kedua kalinya pada 17 Agustus 2017 dan menghanguskan ratusan lapak.

Kerugian material yang dialami pemerintah maupun pedagang dalam musibah kebakaran tersebut mencapai miliran rupiah.

Kini, para pedagang sendiri sudah banyak yang membangun kembali lapak yang terbakar dengan dana mereka. (skd)