Tentara dan istri di Palu ikut pembinaan mental

id Korem

Tentara dan istri di Palu ikut pembinaan mental

Ratusan prajurit, ASN dan anggota Persit di Kota Palu mengikuti pembinaan mental di Aula Korem 132/Tadulako Palu, Senin (18/9) (Antarasulteng.com/Penrem Tdl)

Arus globalisasi melemahkan mental bangsa
Palu (Antarasulteng.com) - Korem 132/Tadulako Palu menggelar kegiatan "Pembinaan Mental Bagi Prajurit, ASN dan Persit di Aula Manggala Sakti Korem 132/Tdl, Senin, dengan mendatangkan pemateri dari Bintaldam XIII/Mdk Mayor Inf Andi Paduppai, S.Ag, M.Sc.

Dalam kesempatan ini Danrem 132/Tadulako yang diwakili Kasrem Letkol Inf Andrian Susanto menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan mental ini sangat diperlukan untuk membentengi mentalitas diri prajurit, ASN dan ibu-ibu Persit dari pengaruh globalisasi.

Karena tanpa disadari, arus globalisasi sudah melemahkan kondisi bangsa termasuk di TNI, yang salah satunya adalah berita-berita hoax dan fitnah yang beredar di media sosial serta peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan TNI.

"Hal ini dapat mempengaruhi kesiapan Prajurit dan ASN dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya dihadapkan kepada tuntutan tugas dengan berbagai persoalan bangsa yang sedemikian kompleks," ujar Danrem.

Sementara itu Mayor Inf Andi Paduppai menyampaikan bahwa rusaknya sendi-sendi kehidupan berbangsa saat ini adalah disebabkan kurangnya kepekaan dan kepedulian kita semua dalam menyikapi situasi.

Contohnya, kita terlalu larut akan budaya-budaya asing yang masuk melalui arus informasi teknologi yang sebenarnya tidak cocok dengan budaya dan adat istiadat bangsa sendiri, kurangnya pengawasan terhadap anak-anak sehingga anak terjerumus dalam lingkungan pergaulan yang tidak baik dan kurangnya pendidikan keimanan dan ketaqwaan sebagai bekal dalam menghadapi pengaruh-pengaruh negatif.

Mayor Andi menekankan kepada seluruh prajurit, ASN dan anggota Persit untuk lebih meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME dengan menjalankan seluruh kewajiban baik kepada bangsa dan negara maupun kepada agama,  serta menjauhi segala larangan-larangan yang ada. 

Tingkatkan keperdulian terhadap lingkungan disekitar kita khususnya lingkungan pergaulan anak-anak kita agar dapat terarah menuju masa depan bangsa yang lebih baik,  jelas Mayor Andi menutup ceramahnya. 

Acara ini diikuti oleh seluruh Prajurit, ASN dan Persit Korem, Kodim 1306/Dgl, Satdisjan jajaran Korem 132/Tdl. (Penrem Tdl)