Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat dan Profesional

id tni

Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat dan Profesional

Suasana upacara Kemanunggalan TNI-Polri dan Rakyat di Desa Kotarindau, Kabupaten Sigi, Sabtu (23/9) (ist)

Palu, (antarasulteng.com) - Kalimat pada judul di atas sudah tidak asing dalam ingatan kita yang artinya bahwa rakyatlah yang membuat TNI menjadi kuat,  hebat dan profesional, karena TNI berasal dari Rakyat,  untuk Rakyat dan kembali kepada Rakyat.

Hal ini berarti TNI tidak boleh dipisahkan dari Rakyat selaku Ibu Kandung TNI. Kata-kata ini yang ditanamkan oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman hingga saat ini. Sehingga dizaman kemerdekaan ini generasi penerus TNI harus dapat menjaga dan memelihara kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat.

Untuk tetap menjaga dan memelihara kemanunggalan tersebut,  TNI yang dipelopori oleh Korem 132/Tdl, Lanal Palu dan Detasemen AU Palu mengadakan kegiatan Karya Bhakti dan Launching Gerakan Bersama Rakyat TNI Kuat di Lapangan Sepak Bola Kotarindau Kab. Sigi bekerjasama dengan Polda Sulteng dan Pemkab Sigi, Sabtu.

Hal yang menarik dari acara pagi ini adalah seluruh peserta baik itu prajurit TNI,  Polri,  Satpol PP,  Pelajar dan Masyarakat turun ke lapangan sebagai peserta bersama-sama Danrem 132/Tdl Kolonel Inf Muhammad Saleh Mustafa, Bupati Sigi Bpk. Muh.Irwan Lapata, Dandim 1306/Dgl Letkol Kav I Gde Masa, S. Ip,  Kapolres Sigi, dll. untuk mengikuti Apel Bersama dipimpin  Camat Dolo sebelum memulai kegiatan. Tampak Camat kelihatan agak canggung dan grogi dalam memimpin Apel Bersama tersebut karena adanya para pimpinan TNI,  Polri dan Pemda yang ikut serta sebagai peserta apel,  namun hal ini tidak menjadi permasalahan bagi Camat untuk menyampaikan rasa terima kasihnya atas dipilihnya Desa Kotarindau sebagai lokasi Karya Bhakti dalam rangka HUT TNI kali ini.

Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah wujud kerjasama TNI – Polri dan masyarakat Sigi khususnya warga Kecamatan Dolo yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya meningkatkan sinergitas perekonomian difokuskan pada upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menumbuhkan wawasan kebangsaan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat dengan sasaran antara lain kerjasama perbaikan pemukinan penduduk yang kurang mampu menjadi layak huni, pembuatan jamban yang dimulakan di Desa Kotarindau, Kec. Dolo, Kab. Sigi sebagai barometer bagi desa-desa lainnya.

Selesai pelaksanaan Apel Bersama dilanjutkan dengan Karya Bhakti membersihkan lokasi disekitar lapangan dan melanjutkan bedah rumah salah seorang warga Kotarindau. Tampak semangat kebersamaan dan gotong royong yang ditunjukan oleh Masyarakat dengan Prajurit TNI dan Polri dalam melaksanakan pekerjaan termasuk dengan Danrem,  Bupati, Kapolres dan Dandim. Hal ini menunjukkan bahwa semangat gotong royong yang menjadi ciri khas Bangsa Indonesia ini masih ada   di Kota Sigi, sehingga nilai positif ini perlu dipertahankan dalam rangka menjaga dan menciptakan masyarakat Kab. Sigi yang mandiri dan berkepribadian.

Acara ini diakhiri dengan kegiatan makan bersama, ada hal yang menarik dalam kegiatan makan bersama ini dimana seluruh peserta yang hadir makan secara sederhana dengan berpiringkan daun pisang layaknya seperti acara hajatan dikampung-kampung, yang mana suasana kebersamaan antara Masyarakat dg Prajurit TNI dan Pejabat saling terjalin penuh keakraban dalam kegiatan makan bersama ini,  hal inilah sebenarnya yang ingin diwujudkan oleh TNI dimana kearifan lokal bangsa Indonesia yang telah ada sejak dahulu kala harus dibangkitkan kembali demi memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.. (TPN/VMA)