Presiden : pemerintah beri startup keleluasaan eksperimen inovasi

id jokowi

Presiden : pemerintah beri startup keleluasaan eksperimen inovasi

Presiden Joko Widodo memberi sambutan pada pembukaan Idbyte 2017 di Jakarta, Kamis (28/9/2017). Dalam sambutannya, presiden mengajak masyarakat Indonesia mengembangkan produk merk lokal untuk dipromosikan melalui "e-dagang". ( ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Jakarta (antarasulteng.com) - Pemerintah Indonesia akan memberikan usaha rintisan atau startup keleluasaan dalam melakukan eksperimen inovasi dalam melakukan usaha bisnis memanfaatkan teknologi digital.

"Berarti yang pertama, startup tidak boleh atau jangan dicekik dengan regulasi-regulasi yang berlebihan," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutan pembukaan Konferensi Digital Tingkat Internasional IDByte 2017 di Jakarta pada Kamis.

Menurut Presiden, dirinya telah memerintahkan sejumlah menteri terkait ekonomi dan teknologi untuk mendukung inovasi bisnis melalui teknologi digital.

Dia menjelaskan pemerintah juga telah mengumumkan deregulasi ekonomi untuk mengurangi tumpang tindihnya peraturan maupun syarat yang menghambat inovasi bisnis.

Selain itu, Presiden meminta pejabat pemerintah untuk dapat memberikan keringanan modal bagi usaha rintisan.

"Kedua, yang namanya eksperimen pasti ada yang gagal dan pasti ada yang tidak berhasil. Berarti kita harus mentoleransi banyak kegagalan. Tidak apa-apa, jangan malu, jangan menyerah," ujar Jokowi.

Presiden juga memintar masyarakat Indonesia dapat membangun bisnis produk-produk bermerk lokal dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi.

"Sebuah perusahaan sekali berada di internet, dia langsung muncul di seluruh dunia dan itu berarti sebuah perusahaan yang sukses di internet bisa berkembang cepat sekali dan bisa menjadi raksasa dalam waktu yang sangat cepat," jelas Presiden. (skd)