Virus West Nile Tewaskan 12 Warga Amerika

id west nile, virus, tewas

 Virus West Nile Tewaskan 12 Warga Amerika

Serangga penyebab wirus west nile (REUTERS)

Houston - Virus West Nile menewaskan satu orang dan menulari sembilan orang lagi pekan ini di Negara Bagian Louisiana, AS, sehingga jumlah korban meninggal yang berkaitan dengan virus itu jadi 12 di negara bagian tersebut.
        
Sementara itu kasus penularan menjadi 312, kata para pejabat kesehatan negara bagian tersebut, Jumat (12/10).
        
Satu-satunya tahun saat lebih banyak kematian dan kasus yang berkaitan dengan West Nile yang tercatat di Louisiana adalah 2002, ketika 328 warga di negara bagian itu jatuh sakit dan 24 orang meninggal.
        
Tahun ini juga menjadi tahun terburuk dalam kasus penyebaran virus West Nile secara nasional sejak virus tersebut ditemukan di Amerika Serikat pada 1999, kata US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu.
        
Sekarang telah tercatat 4.249 kasus virus West Nile tahun ini, kata CDC. Lebih dari 70 persen kasus itu telah dilaporkan di delapan negara bagian: Teksas, Mississippi, Michigan, South Dakota, Louisiana, Oklahoma, Illionis dan California.
        
Teksas memiliki jumlah terbanyak kasus West Nile di negeri itu, dengan lebih dari 38 persen dari jumlah total nasional. Mississippi menempati posisi kedua dengan lebih dari lima persen dari jumlah total nasional.
        
Para pejabat kesehatan, Senin (8/10), mengkonfirmasi dua lagi kematian yang berkaitan dengan virus West Nile di Teksas, tempat lebih dari 70 orang telah tewas akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk tersebut tahun ini. (Ant/Xinhua-OANA)