TNI gelar Sepeda Gembira pertama pascakerusuhan di Poso

id Poso

TNI gelar Sepeda Gembira pertama pascakerusuhan di Poso

Bupati Poso Darmin A Siligipu dan pimpinan satuan-satuan TNI di daerah itu menanam pohon ebony alias kayu hitam, pohon endemik Sulawesi Tengah memperingati HUT ke-72 TNI di Poso, Sabtu (30/9) (Antarasulteng.com/Feri)

Kegiatan ini adalah fun bike pertama di Poso pascakerusuhan tahun 2000
Poso (Antarasulteng.com) - Kodim 1307 Poso bersama Kodam XIII/Merdeka, dan Korem 132/Tadulako, bekerja sama dengan Pemkab Poso menggelar sejumlah kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-72 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2017 di Poso, Sabtu.

Sejumlah kegiatan itu antara lain penanaman sejuta bibit pohon eboni, sepeda gembira (fun bike), pasar murah yang dilaksanakan di kantor Badan Diklat Poso, Desa Maliwuko, Kecamatan Lage.

Kegiatan fun bike yang menempuh jarak 15 km itu diikuti sekitar 1000 peserta termasuk Bupati Poso Darmin  Sigilipu, Dandim Poso Letkol Dody Trio Hadi, Kapolres Poso AKBP Bogiek, Danyon 714/SM dan unsur Forkopimda Poso serta masyarakat. 

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu sendiri mencanangkan hari Sabtu (30/9) itu sebagai Hari Bersepada di daerahnya.

Dandim Poso Dody Trio Hadi mengatakan bahwa kegiatan bersepada gembira ini untuk memasyarakatkan kembali olahraga bersepeda di Kabupaten Poso yang hilang pascakerusuhan dan ini adalah yang pertama kalinya dilaksanakan kembali pascakerusuhan pada tahun 2000.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menyongsong iven nasional balap sepeda wisata Tour de Central Celebes(TDCC) 2017 agar masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya penggemar olahraga bersepeda mengetahui bahwa Poso telah aman dan kondusif serta siap untuk melaksanakan iven itu.

"Yang terpenting, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan antara TNI dengan Masyarakat Poso," ujar Dandim, Sabtu. 

Bupati Poso dalam sambutannya menyatakan kegembiraannya atas dilaksanakannya kembali olahraga fun bike. 

Menurut dia, hal ini sangat banyak manfaatnya bagi diri sendiri maupun untuk kebersamaan, karena bagi diri sendiri dapat menyehatkan jiwa dan raga dan secara kebersamaan dapat lebih mempererat kemanunggalan antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat. 

Selain itu, even ini untuk mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Poso, karena bila semua komponen ini bersatu maka pembangunan daerah akan berhasil lebih cepat dan bermanfaat bagi masyarakat. 

"Kegiatan fun bike ini dalam rangka peringatan HUT ke-72 TNI tahun ini dicanangkan sebagai Hari Bersepeda di Kabupaten Poso," ungkap bupati mengakhiri sambutannya dan melepas peserta Fun Bike. 

Kegiatan fun bike ini memperebutkan hadiah dan doorprize berupa 4 buah sepeda gunung, 3 buah mesin cuci,  1 buah tv LED 32 inch, 2 buah HP, 5 buah rice coocker, 5 buah kompor gas dan puluhan hadiah hiburan lainnya.